Selasa, 17 Mei 2022 05:30 WIB

Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Udara, Benar Nggak Sih?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Hepatitis akut misterius (Foto: iStock)
Jakarta -

Beredar informasi, hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya alias masih misterius dapat menular melalui udara. Benarkah harus menggunakan masker untuk mencegahnya?

Sebenarnya, penyebab hepatitis akut misterius hingga saat ini belum dipastikan. Karenanya, berbagai kemungkinan cara penularan masih sebatas dugaan. Termasuk, penularan melalui droplet yang menyebar di udara juga masih merupakan dugaan.

"Penularan daripada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airborne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus," papar Sekretaris Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

"Kemudian virus hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar atau menular melalui makanan atau fecal oral," jelasnya.

Oleh karenanya, cara pencegahannya tidak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit dengan jalur penularan serupa. Untuk kemungkinan menular melalui fecal oral, cara pencegahannya adalah dengan menerapkan higiene dan sanitasi.

"Tentunya menerapkan higiene dan sanitasi personal kemudian cuci tangan menggunakan alat makan yang terpisah, itu yang harus dipastikan orang tua kepada anak-anaknya," jelas dr Nadia.

"Yang kedua adalah menggunakan masker. Ini juga tetap penting sebagaimana kita tahu pandemi COVID-19 belum berakhir," jelasnya.

NEXT: Kemungkinan terkait SARS-CoV-2 atau COVID-19

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Belum Ada Titik Terang Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]