Selasa, 17 Mei 2022 09:25 WIB

Hari Hipertensi Sedunia 2022: Faktor Risiko, Sejarah, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
World Hypertension Day, May 17. Vector illustration. EPS10 Hari Hipertensi Sedunia 2022 (Foto: Getty Images/BojanMirkovic)
Jakarta -

Hari Hipertensi Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Hypertension Day jatuh pada hari ini. Momen ini dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait pentingnya mengenali gejala, faktor risiko, dan cara mencegah tekanan darah tinggi.

Hipertensi merupakan kondisi umum saat tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi dan bisa memicu masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular. Kondisi ini juga ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri.

Meski gejalanya sering tidak terlihat, hipertensi masih bisa dideteksi dan dikontrol dengan baik. Berikut informasi terkait hipertensi.

Hari Hipertensi Sedunia 2022: Faktor Risiko

Dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (17/5/2022), ada sejumlah faktor yang bisa memicu tekanan darah tinggi di dalam tubuh, yaitu:

1. Usia

Risiko tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya usia. Sampai usia 64 tahun, tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada pria. Sedangkan pada wanita, lebih mungkin terjadi saat berusia di atas 65 tahun.

2. Riwayat Keluarga

Hipertensi juga cenderung diturunkan dalam keluarga.

3. Obesitas

Seseorang berisiko mengalami hipertensi jika memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Jika tubuh semakin berat, semakin banyak juga darah yang dibutuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh.

Saat jumlah aliran darah melalui pembuluh darah meningkat, itu juga akan meningkatkan tekanan pada dinding arteri.

4. Kurang Aktif

Orang yang kurang aktif secara fisik cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Semakin tinggi detak jantung, maka semakin keras jantung harus bekerja dengan setiap kontraksi dan arteri.

5. Merokok

Kebiasaan merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan merusak lapisan dinding arteri. Hal ini dapat menyebabkan arteri menyempit dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

Terlalu banyak mengkonsumsi garam (natrium) dalam makanan bisa menyebabkan tubuh menahan cairan yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah.

7. Terlalu Sedikit Mengkonsumsi Potasium

Potasium dapat membantu menyeimbangkan jumlah natrium dalam sel tubuh. Keseimbangan potasium sangat penting untuk kesehatan jantung.

Jika kadar potasium tidak tercukupi, kadar natrium bisa menumpuk di dalam darah.

8. Stres

Tingkat stres yang tinggi bisa memicu hipertensi. Kebiasaan yang berhubungan dengan stres seperti makan terlalu banyak, merokok, atau minum alkohol bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah lebih lanjut.

9. Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi kesehatan yang kronis juga bisa meningkatkan risiko hipertensi, termasuk penyakit ginjal, diabetes, dan sleep apnea. Terkadang, kehamilan juga bisa berkontribusi meningkatkan kemungkinan hipertensi.

Sejarah Hari Hipertensi Sedunia

The World Hypertension League (WHL) dan 85 negara sebagai anggota, memprakarsai Hari Hipertensi Sedunia (WHD) pada tahun 2005.

Tujuan dari WHD adalah untuk mengkomunikasikan kepada publik pentingnya hipertensi dan dampaknya. Selain itu, juga memberitahukan terkait komplikasi medis yang serius akibat hipertensi, dan informasi tentang pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan.

WHL meluncurkan WHD pertamanya pada 14 Mei 2005. Sejak tahun 2006, WHL telah mendedikasikan 17 Mei setiap tahun sebagai WHD. Banyak negara anggota telah menerima gagasan tersebut dan telah melakukan sejumlah kegiatan di negaranya masing-masing untuk meningkatkan kesadaran akan hipertensi.

Hari Hipertensi Sedunia 2022: Link Twibbon

Sebagai tanda perayaan Hari Hipertensi Sedunia 2022, jangan lupa untuk memeriahkannya dengan memasang sejumlah twibbon unik di media sosial. Berikut link twibbon yang bisa digunakan dan gratis.

  1. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  2. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  3. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  4. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  5. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  6. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  7. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  8. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  9. Hari Hipertensi Sedunia 2022
  10. Hari Hipertensi Sedunia 2022


Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)