Hari Jantung Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

ADVERTISEMENT

Hari Jantung Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 26 Sep 2022 12:45 WIB
ilustrasi jantung
Hari Jantung Sedunia 2022 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) diperingati pada tanggal 29 September setiap tahun. Momentum ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kardiovaskular, termasuk pencegahan dan dampak globalnya.

Dikutip dari Britannica, penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian paling umum secara global. Adapun faktor pemicu utama penyakit kardiovaskular adalah gaya hidup yang tak sehat dan bisa diubah, seperti pola makan yang buruk, kurang olahraga, dan merokok.

Selain itu, penyakit kardiovaskular juga memiliki dampak besar pada sistem ekonomi di negara-negara. Hal tersebut karena tingginya biaya perawatan kesehatan terkait dengan pengobatan dan hilangnya produktivitas terkait dengan kecacatan maupun ketidakhadiran dari pekerjaan.

Tema Hari Jantung Sedunia 2022

Tema Hari Jantung Sedunia 2022 adalah "Use Heart for Every Heart", bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia, mencegah dan mengelola penyakit penyakit kardiovaskular. Federasi jantung dunia telah bermitra dengan perusahaan kesehatan digital untuk merayakan Hari Jantung Sedunia.

Sejarah Hari Jantung Sedunia

Pada tahun 1999 World Heart Federation (WHF), bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengumumkan penetapan Hari Jantung Sedunia. Ide momentum ini dicetuskan oleh Antoni BayƩs de Luna, presiden WHF dari tahun 1997-1999. Hari Jantung Sedunia awalnya (sampai 2011) diperingati pada hari Minggu terakhir di bulan September, dengan perayaan pertama berlangsung pada tanggal 24 September 2000.

Pada awal tahun 2000-an, sekitar 17 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit tersebut setiap tahunnya. Sebagian besar kematian ini didominasi akibat penyakit jantung koroner atau stroke.

Meski penyakit kardiovaskular kerap dianggap sebagai penyakit orang-orang yang tinggal di negara maju, namun 80 persen kematian akibat penyakit ini terjadi di negara berkembang hingga berpenghasilan rendah dan menengah.

Lebih dari 90 negara ambil bagian dalam perayaan internasional ini setiap tahun. Hasilnya, Hari Jantung Sedunia terbukti menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang CVD. Tingkat keterlibatan yang tinggi dari pemerintah dan organisasi paling penting bagi negara berkembang, yang sangat terpengaruh oleh penyakit ini.

Hari Jantung Sedunia: Fakta Penyakit Kardiovaskular

Dikutip dari National Today, berikut fakta-fakta penyakit kardiovaskular yang perlu diketahui.

1. Penyakit Jantung Merugikan Banyak Orang

Setiap tahun, Amerika Serikat menghabiskan sekitar 200 miliar dolar untuk layanan perawatan kesehatan, pengobatan, dan kehilangan produktivitas karena penyakit jantung.

Selain Amerika Serikat, Indonesia juga mengalami hal yang serupa. Beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkap sejumlah penyakit yang menjadi biang kerok tekornya BPJS Kesehatan, di antaranya yakni jantung dan stroke. Ini juga termasuk penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Adapun penyakit jantung memakan biaya senilai Rp 10,3 triliun dan stroke Rp 2,5 triliun.

"Paling banyak meninggal urutannya jantung, kanker, stroke, ginjal. BPJS Kesehatan juga paling banyak biayanya jantung, cancer, stroke, ginjal jadi kita fokusnya ke sana dulu," beber Menkes Budi dalam konferensi pers, Rabu (10/8/2022).

2. Asupan Natrium Membahayakan Anak-anak

Sekitar 10 persen anak-anak di AS memiliki tekanan darah tinggi karena konsumsi natrium yang terlalu banyak.

3. Tanda-tanda Peringatan Dini Sangat Penting

Sekitar 47 persen kematian terkait jantung terjadi di luar rumah sakit. Hal ini menunjukkan bahwa orang tidak menganggap cukup serius tanda-tanda peringatan dini terkait penyakit kardiovaskular.

Twibbon Hari Jantung Sedunia 2022

Selain mengetahui seluk-beluk tentang Hari Jantung Sedunia, jangan lupa juga untuk ikut merayakannya menggunakan berbagai twibbon lucu. Berikut link twibbon untuk meriahkan Hari Jantung Sedunia 2022.

  1. Hari Jantung Sedunia 2022
  2. Hari Jantung Sedunia 2022
  3. Hari Jantung Sedunia 2022
  4. Hari Jantung Sedunia 2022
  5. Hari Jantung Sedunia 2022
  6. Hari Jantung Sedunia 2022
  7. Hari Jantung Sedunia 2022
  8. Hari Jantung Sedunia 2022
  9. Hari Jantung Sedunia 2022
  10. Hari Jantung Sedunia 2022


Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT