Selasa, 17 Mei 2022 11:05 WIB

Naik Terus, Kasus Dugaan Hepatitis Misterius Global Tembus 450

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Closeup saline IV drip for patient and Infusion pump feeding into child patient while she is sleeping on bed in the hospital Kasus dugaan hepatitis akut misterius anak naik terus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock)
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa menyebut total jumlah kasus dugaan hepatitis misterius yang sedang diselidiki di seluruh dunia tembus 450 kasus.

Jumlah itu meningkat dua kali lipat dari yang dilaporkan pekan lalu dan lebih tinggi dari angka yang sebelumnya di rilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan 340 kasus.

Kasus peradangan hati ini telah dilaporkan di lebih dari 25 negara, meskipun mayoritas berada di Inggris dan AS. Sebagian besar anak-anak yang terkena dampak berada di bawah usia 5 tahun.

Dari pasien di AS, lebih dari 90 persen telah dirawat di rumah sakit dan 14 persen telah menjalani transplantasi hati. CDC sedang menyelidiki lima kematian anak yang mungkin terkait dengan penyakit ini.

Pakar penyakit tidak yakin apa penyebab di balik kasus ini, meskipun beberapa hipotesis mulai muncul. Teori utamanya adalah adenovirus, yang sering menyebabkan gejala seperti pilek atau flu atau masalah perut.

Lebih dari setengah kasus AS dites positif adenovirus, CDC mengatakan Rabu. Begitu pula sekitar 72 persen kasus di Inggris dan 60 persen di seluruh Eropa.

Tetapi jarang adenovirus berdampak parah pada hati.

"Sampel jaringan dan hati yang baru-baru ini diambil di Inggris tidak "menunjukkan ciri khas yang mungkin Anda harapkan dengan peradangan hati karena adenovirus, tetapi kami sedang menunggu pemeriksaan biopsi lebih lanjut," Dr. Phillipa Easterbrook, ilmuwan senior di WHO dikutip dari NBC News.

NEXT: Definisi operasional untuk hepatitis akut misterius, probable hingga discarded.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]