Biang Kerok Hepatitis Akut Mulai Terkuak? Ini Penegasan Eks Petinggi WHO

ADVERTISEMENT

Biang Kerok Hepatitis Akut Mulai Terkuak? Ini Penegasan Eks Petinggi WHO

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 17 Mei 2022 12:33 WIB
Hepatitis word from wooden blocks on desk
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Jakarta -

Kasus hepatitis akut yang terjadi di banyak negara di dunia masih belum diketahui penyebabnya. Namun, adenovirus menjadi salah satu dugaan yang banyak dikaitkan dengan penyakit tersebut.

Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama ikut menanggapi keterkaitan antara adenovirus dengan hepatitis akut misterius. Namun, ia menegaskan hal ini masih belum jelas, sehingga belum bisa dipastikan adenovirus penyebab dari penyakit tersebut.

"Memang banyak yang membicarakan tentang kemungkinan Adenovirus. Tapi, masih ada setidaknya lima hal yang belum jelas, sehingga belum dapat dipastikan sepenuhnya sebagai penyebab (hepatitis misterius)," kata Prof Tjandra dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom dan ditulis Selasa (17/5/2022).

Adapun lima hal yang menurut Prof Tjandra masih belum jelas untuk memastikan adenovirus menjadi penyebab dari penyakit misterius ini, yaitu:

  • Pertama, adenovirus memang ditemukan pada sebagian besar pasien, tapi tidak semua.
  • Kedua, sejauh ini pasien biasanya positif Adenovirus berdasarkan pemeriksaan darah. Itupun kadarnya sebagian besar adalah rendah saja.
  • Ketiga, sebagian sampel pada biopsi hati justru hasilnya sejauh ini masih negatif.
  • Keempat, perangai adenovirus biasanya tidak menimbulkan penyakit berat dan memerlukan transplantasi hati.
  • Kelima, untuk membuktikan ada tidaknya semacam perubahan pada adenovirus yang ditemukan pada pasien, maka tentu perlu pemeriksaan whole-genome sequencing. Sejauh ini menurut Prof Tjandra hasilnya masih amat terbatas, sehingga belum dapat dianalisa untuk mengambil keputusan yang pasti.


Simak Video "Kemenkes Sebut Ada 91 Kasus Kumulatif Dugaan Hepatitis Akut di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT