Selasa, 17 Mei 2022 16:38 WIB

Kronologi Kematian 3 Pasien Pertama Diduga Hepatitis Misterius Dirawat di RSCM

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
lonely alone in an empty Ilustrasi kematian tiga kasus diduga hepatitis misterius, dirawat di RSCM, (Foto: iStock)
Jakarta -

Tiga anak yang meninggal dunia dengan dugaan penyebab hepatitis misterius sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pihak RSCM menguak kronologi kasus kematian tersebut. Disebutkan, salah satu pasien baru dibawa ke RSCM pada hari ke-12 sakit dan sudah dalam keadaan kritis.

Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K), M.ARS menjelaskan, besar kemungkinan orang tua tidak mencurigai anak yang tengah mengidap hepatitis lantaran gejalanya hanya berupa diare dan sakit perut. Padahal, perburukan gejala hepatitis bisa terjadi dengan amat cepat. Walhasil, risiko kematian tinggi lantaran pasien terlambat beroleh penanganan rumah sakit.

"Sebagai salah satu contoh, kasus yang masuk RSCM itu ada yang hari ke-12. Jadi sudah 12 hari di rumah, kemudian dibawa ke rumah sakit yang lain, baru dibawa ke RSCM setelah berat sekali. Jadi kita sudah terlambat," terangnya saat ditemui detikcom, Selasa (17/5/2022).

"Pasien yang masuk ke sini kerusakan hatinya sudah berat sekali. SGOT SGPT sudah puluhan ribu. Jadi sudah rusak sekali liver-nya. Tidak tertolong lagi," sambung dr Lies.

Ia juga menyebut, pihaknya sempat bertanya-tanya lantaran dua di antara tiga pasien merupakan rujukan dari satu rumah sakit yang sama. Namun berdasarkan hasil penelusuran lebih lanjut, termasuk kepada keluarga pasien, tidak ditemukan pencemaran di lingkungan tempat tinggal sebagai penyebab hepatitis tersebut.

"Jadi waktu kasus pertama kali datang kami mendapat rujukan dari Jakarta Timur, keduanya dari satu rumah sakit. Kami pikir ada apa di daerah sana? Kasus ketiga dari Jakarta Barat dan kita langsung melapor dan dilakukan tracing. Jadi penelitian epidemiologi dari P2P turun," beber dr Lies.

"Direncanakan untuk kita mengecek saudaranya. Jadi ada yang meninggal itu, yang anak kecil punya saudara, mungkin orangtua. Ternyata tidak ada. Tidak ada hubungannya, tidak ada yang kena. Jadi bukan karena daerahnya tercemar," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]