Selasa, 17 Mei 2022 16:00 WIB

WHO: Studi Penyebab Hepatitis Misterius Akan Selesai Minggu Ini

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Anak sakit Foto: iStock
Jakarta -

Penelitian mengenai penyebab utama hepatitis akut misterius yang menyerang anak usia di bawah 16 tahun, akan selesai minggu ini. Penelitian tersebut akan mengungkapkan apakah hepatitis misterius disebabkan Adenovirus atau infeksi COVID-19.

Pada 11 Mei 2022 kemarin, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah memperbarui laporan mengenai hepatitis akut misterius.

Berdasarkan data CDC per 5 Mei 2022, dari 109 anak yang terinfeksi hepatitis akut misterius, lebih dari setengahnya dites positif Adenovirus. Sekitar 90 persen pasien harus dirawat di rumah sakit. Kemudian 14 persen pasien harus menjalani transplantasi hati dan lima kematian masih dalam penyelidikan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa minggu ini, Inggris akan menyelesaikan studinya terkait penyebab hepatitis misterius.

"Studi tersebut akan membantu melihat apakah (Adenovirus) hanya infeksi insidental atau ada hubungan sebab-akibat," kata peneliti dari program hepatitis global WHO, Philippa Easterbrook, dikutip dari Fox News, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut Easterbrook memaparkan, hingga hari ini tak ada satupun sampel hati di Inggris yang menunjukkan adanya peradangan hati akibat Adenovirus.

"Tetapi kami masih menunggu pemeriksaan biopsi lebih lanjut," tambahnya.

Saat ini, hipotesis utama dari para ilmuwan tetap melibatkan Adenovirus dengan juga mempertimbangkan peran COVID-19.

"Pertanyaan mendasar saat ini apakah ada pola karakteristik patologi hati pada para pasien. Pola tersebut kemungkinan akan terlihat pada stadium lanjut ketika transplantasi hati dilakukan, atau lebih awal sebelum kerusakan hati parah terjadi," kata dr Daniel Lucey, profesor klinis kedokteran di Dartmouth Geisel School of Medicine.

Ia menambahkan, jika pola patologi tersebut sudah ditemukan, dapat digunakan untuk membantu identifikasi etiologi hepatitis.

Selanjutnya
Halaman
1 2