Selasa, 17 Mei 2022 20:30 WIB

Masih Wajib Pakai Masker di Angkutan Umum! Hanya Boleh Copot Saat Outdoor

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
PT MRT Jakarta (Perseroda) memberlakukan kapasitas tempat duduk 100% di MRT mulai hari ini. Seperti apa suasananya? Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo resmi melonggarkan kebijakan penggunaan masker di tengah tren COVID-19 yang mengalami penurunan usai lebaran.

Bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan dan tidak padat orang, kini diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," katanya saat konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Namun, bagi mereka yang melakukan kegiatan di ruangan tertutup dan naik transportasi publik masih harus menggunakan masker sebagai pencegahan penularan COVID-19.

"Namun, untuk kegiatan ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," lanjutnya.

Adapun kelompok masyarakat yang termasuk kategori rentan, seperti lansia (lanjut usia) dan memiliki penyakit komorbid, disarankan untuk tetap memakai masker saat beraktivitas. Begitu juga mereka yang mengalami gejala batuk pilek.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," lanjutnya.

Simak Video 'Jokowi Bolehkan Masyarakat Lepas Masker di Luar Ruangan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)