Selasa, 17 Mei 2022 21:45 WIB

Hipertensi Bisa Sebabkan Komplikasi pada Mata, Ini Bahayanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
makanan untuk hipertensi Foto: iStock
Jakarta -

Hipertensi merupakan kondisi umum saat tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi dan bisa memicu masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular. Kondisi ini ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri.

Selain itu, hipertensi yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan komplikasi pada mata, yaitu terjadinya kerusakan pembuluh darah di retina.

"Jadi, hipertensi yang terus menerus tidak terkendali itu bisa merusak pembuluh darah di retina. Jadi, retina bisa rusak, terjadi retinopati hipertensi," ucap dr Djoko Wibisono, SpPD-KGH, Sekretaris Jenderal Indonesian Society of Hypertension (InaSH) pada webinar virtual, Selasa (17/5/2022).

Meskipun komplikasi hipertensi yang paling banyak dikenal adalah menyerang otak, jantung, hingga ginjal, namun komplikasi pada mata juga tak bisa diabaikan. Pasalnya, ini bisa menyebabkan pengidapnya buta secara mendadak.

"Memang itu jarang sih lebih banyak dikenal komplikasi ke otak, jantung, ke ginjal. Tapi hipertensi yang sangat tinggi mendadak selain retinopati, dia bisa melepaskan retina itu sehingga bisa terjadi kebutaan mendadak," kata dr Djoko.

"Katakanlah kalau tekanan darah sangat tinggi di atas 200 itu retinal detachment. Istilah awamnya retinanya lepas, mengelotok, itu bisa buta mendadak. Tetapi juga bisa melalui pelan-pelan, jadi hipertensi retinopati itu bisa akibatnya mengganggu penglihatan," lanjutnya.

Oleh karena itu, pasien hipertensi kronis umumnya akan menjalani pemeriksaan juga ke dokter ahli mata untuk dicek apakah sudah ada tanda-tanda hipertensi atau tidak.

"Maka dari itu, tidak jarang kalau kita menghadapi pasien hipertensi kronis kita konsultasikan ke dokter ahli mata juga untuk dilihat secara funduskopi apakah sudah ada tanda-tanda hipertensi," pungkas dr Djoko.



Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)