Rabu, 18 Mei 2022 15:20 WIB

Waspada Hipertensi, Makanan Ini Sumbang Garam ke Tubuh Tanpa Disadari

Hanifah Widyas - detikHealth
Garam Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan rata-rata konsumsi garam per hari mencapai 9-12 gram. Sementara batas tubuh menerima asupan garam maksimal per hari adalah 5 gram sehingga angka konsumsi tersebut jauh melebihi batas.

Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa konsumsi garam harian tidak banyak, karena merasa jarang menambahkan garam atau merasa jarang mengonsumsi makanan asin. Hal ini terjadi karena banyak sumber garam tersembunyi pada makanan di sekitar kita. Apa saja sumbernya?

Produk Olahan

Makanan olahan merupakan salah satu sumber garam. Produk makanan olahan yang diberi tambahan garam bertujuan untuk meningkatkan rasa makanan, yaitu dengan memberi rasa asin, meningkatkan keseimbangan rasa, serta menutupi rasa pahit atau rasa asing lain yang dapat timbul selama proses pengolahan.

Tidak hanya memengaruhi rasa, garam juga dapat memperpanjang umur simpan produk, menghambat pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan, dan memperbaiki tekstur produk. Beberapa produk makanan olahan yang mengandung garam, antara lain mi instan, sosis ayam, sup bubuk instan, nugget, dan camilan.

Mi instan dapat mengandung 3,4 gram sampai 4,85 gram garam per bungkus. Produk makanan olahan yang umum dijadikan lauk juga cenderung tinggi garam, seperti sup bubuk instan yang mengandung 2,25 gram garam per mangkuk, sosis ayam yang mengandung 1,2 gram garam per batang sosis, atau nugget yang mengandung 1,3 gram garam per 4 potong. Kandungan garam pada produk camilan, seperti keripik juga mengandung banyak garam, yaitu mencapai 2 gram garam per 1 mangkok kecil.

Kecap dan Saus

Garam tidak hanya bersembunyi di makanan olahan melainkan juga di kecap dan saus. Sebagai contoh, kecap asin mengandung 1,7 gram garam per sendok makan dan saus tiram mengandung 1,5 gram garam per sendok makan.

Kecap manis yang memiliki rasa manis sebenarnya juga memiliki kadar garam yang tinggi, yaitu 1,4 gram garam per sendok makan. Selain itu, saus tomat dan saus sambal yang memiliki rasa asam-manis dan manis-pedas juga merupakan salah satu sumber asupan garam harian dengan kandungan 0,5 gram garam per sendok makannya. Jumlah ini mungkin terkesan tidak banyak tetapi kecap dan saus yang kita tambahkan bisa jadi banyak jumlahnya.

Untuk membatasi asupan garam harian tanpa mengorbankan rasa makanan, cobalah produk kecap, saus, dan sambal yang rendah kandungan garam. Tropicana Slim menyediakan banyak pilihan varian produk yang dapat memberikan cita rasa gurih dan nikmat pada berbagai menu masakan tetapi lebih rendah garam. Pilihan varian tersebut, antara lain Tropicana Slim Kecap Asin, Tropicana Slim Kecap Manis, Tropicana Slim Saus Tiram, dan Tropicana Slim Sambal Terasi yang dapat dipilih sesuai jenis menu masakan.

Selain produk kecap, saus, dan sambal, Tropicana Slim Shirataki Noodles yang terbuat dari umbi shirataki juga bisa menjadi pilihan lebih baik jika ingin menyantap mi instan tanpa perlu mengkhawatirkan kandungan garam yang tinggi. Tidak hanya rendah garam, Tropicana Slim Shirataki Noodles juga rendah lemak dan tinggi serat.



Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)