Rabu, 18 Mei 2022 17:11 WIB

Pro-Kontra Copot Masker di Luar Ruangan, Masih Waswas atau Sudah Tak Sabar?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Presiden Joko Widodo longgarkan kebijakan penggunaan masker. Diketahui, aturan itu hanya berlaku untuk aktivitas di luar ruangan dengan kondisi tidak padat. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melonggarkan aturan masker di luar ruangan, Selasa (17/5/2022) lantaran pemerintah disebut sudah memasuki fase transisi menuju endemi COVID-19. Terlebih, tren kasus COVID-19 belakangan menurun signifikan.

Namun, rupanya tidak semua warga antusias menyikapi pelonggaran ini.

Sebagian ada yang menanti pencabutan aturan wajib masker setelah kurang lebih dua tahun pandemi COVID-19, tetapi beberapa di antaranya mengaku masih waswas dan lebih nyaman tetap memakai. Seperti Annisa Azzahra desainer asal Jakarta, wanita 24 tahun ini memilih tetap bermasker di luar ruangan meski ada pelonggaran kebijakan.

"Waswas, soalnya lingkunganku banyak anak-anak, jadi better tetep pake," tutur dia kepada detikcom Selasa (17/5/2022).

Ia merasa khawatir bisa membawa virus kepada kelompok rentan. Begitu juga dengan Aditya pegawai swasta di Lampung, ia merasa belum cukup aman untuk melepas masker meskipun tren kasus COVID-19 menurun. "Masih takut buka masker," bebernya.

Sementara wiraswasta Zhea dari Sukabumi mengaku memakai masker menjadi kebiasaan normal baru baginya sejak pandemi COVID-19. Ia malah merasa aneh jika beraktivitas tanpa masker.

"Nggak setuju sama pelonggaran masker, soalnya nggak pakai masker sekarang berasa buka aurat," tutur dia.

Berbeda dengan Gita Shavira, wanita berdomisili di Sentul ini mengaku lega dengan kebijakan baru pemerintah karena kerap merasa sesak jika harus terus beraktivitas menggunakan masker.

"Setuju sih, sudah muak banget pake masker karena sesekali suka sesek," sebut Gita.

Hal senada diutarakan Nurani Aprilia, wanita 26 tahun ini menyebut momen melepas masker sudah lama ia nantikan. "Senang sih akhirnya bisa buka masker lagi, balik lagi ke kehidupan normal sebelum pandemi," katanya.

Sementara sebagian pakar sebenarnya tak mempersoalkan pelonggaran kebijakan memakai masker di luar ruangan. Asalkan, setiap warga mengetahui risiko penularan di lingkungan sekitar dan dirinya masing-masing.

Bagaimana dengan detikers? Setuju nggak lepas masker di luar ruangan? Tulis di kolom komentar ya.



Simak Video "Jenis Masker yang Sangat Efektif Menurut Profesor Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)