Rabu, 18 Mei 2022 19:30 WIB

Dokter Ungkap Rata-rata Kedalaman Vagina, Benarkah Memanjang saat Ereksi?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ilustrasi kedalaman vagina. (Foto: iStock)
Jakarta -

Vagina berfungsi sebagai jalan keluar darah saat menstruasi dan jalur lahir bayi saat persalinan. Sama seperti organ tubuh lainnya, vagina juga memiliki variasi dalam bentuk, ukuran, dan kedalamannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan seseorang saat melakukan hubungan seksual. Salah satu yang sering dibicarakan adalah ukuran penis. Namun, yang jarang diperhatikan adalah ukuran kedalaman vagina.

Beberapa jenis jaringan melapisi bagian dalam vagina, termasuk mukosa. Mukosa terdiri dari sel-sel khusus yang mengeluarkan cairan pelumas, yang membantu dinding vagina meregang.

Ukuran dan kedalaman vagina bisa berubah dalam kondisi tertentu. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Misalnya, vagina dapat meregang untuk membantumu mempermudah penggunaan tampon atau saat berhubungan seksual.

Ketika sedang terangsang, kedalaman vagina juga dipengaruhi oleh banyaknya aliran darah yang mengalir ke vagina. Kondisi ini menyebabkan vagina terkesan 'memanjang'.

Dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengungkap bahwa rata-rata kedalaman vagina umumnya berada di 12 hingga 13 sentimeter, mulai dari mulut vagina sampai ketemu serviks.

"Kalau lebih panjang sih nggak cuman ini kan terdiri dari otot-otot, nah otot ini sifatnya elastis. Jadi penis bisa masuk ke dalam vagina bukannya memanjang cuman lebih elastis aja, jadi ketika penis ereksi vagina bisa menyesuaikan tapi bukan menjadi terus tambah panjang ya," jelasnya.

Selain itu, leher rahim atau ujung rahim jadi sedikit terangkat, memungkinkan penis, jari, atau mainan seks masuk ke dalam vagina lebih dalam.

Pada kondisi wanita yang sudah melahirkan, seringkali mereka mengeluhkan perbedaan pada vagina. Perlu diketahui, jaringan vagina memang meregang saat melahirkan tetapi akan kembali ke kondisi semula.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)