Heboh Cacar Monyet hingga Virus Hendra, Pakar Unpad Angkat Bicara

ADVERTISEMENT

Heboh Cacar Monyet hingga Virus Hendra, Pakar Unpad Angkat Bicara

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 20 Mei 2022 06:30 WIB
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology.
Ilustrasi penyakit baru (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum usai, muncul laporan varian baru virus Hendra dan kasus baru cacar monyet. Keduanya belakangan menjadi topik perbincangan hangat di dunia maya.

Terkait bermunculannya topik tentang penyakit-penyakit yang sedang diperbincangkan tersebut, dr Fedri Ruluwedrata Rinawan, PhD, dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran menyampaikan imbauan bagi masyarakat, pihak kesehatan, maupun pemerintah.

Menurutnya, dalam meneliti soal penyakit yang paling penting adalah mengidentifikasi terlebih dulu karakter dari penyakit tersebut. Setelah mengetahui karakteristiknya baru bisa lanjut memutuskan penanganan dan kebijakan yang tepat.

"Terkait apapun penyakitnya, lebih baik diketahui lebih dulu karakternya seperti apa, karakter sejak selnya. Apakah dia virus, bakteri, atau sebagainya. Kemudian diidentifikasi ke penanganan dan kebijakan setelahnya," ujar dr Fedri pada detikcom, Kamis (19/5/2022).

Sementara itu menurutnya, pada kebijakan nantinya pemerintah bisa menerapkan proteksi secara Mikro, Meso, dan Makro.

"Untuk kebijakan nanti mengikuti pemerintah apakah nanti skalanya Makro, meso, dan Mikro. Makro misalnya penutupan akses keluar masuk di bandara, Meso misalnya lockdown suatu kota, atau Mikro seperti di rumah-rumah tetap melakukan protokol kesehatan. Ini nanti pemerintah yang menentukan setelah diketahui karakteristik dan penanganannya," bebernya.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT