Sabtu, 21 Mei 2022 18:07 WIB

Pentingnya Fertility Check Up Sejak Dini bagi Calon Orang Tua

Inkana Putri - detikHealth
Morula IVF Foto: Morula
Jakarta -

Kesehatan merupakan faktor terpenting bagi kehidupan manusia. Agar sehat dan bahagia di masa tua, mengubah pola hidup tidak sehat dan meningkatkan pola hidup sehat tentunya perlu dilakukan.

Adapun upaya-upaya tersebut penting dilakukan sedini mungkin, terutama bagi Anda yang masih muda dan berencana menjadi calon orang tua. Lalu, persiapan apa saja yang perlu dilakukan?

Sebagai calon orang tua baru, salah satu persiapan yang disarankan adalah fertility check-up sebelum hamil. Dengan tes sebelum kehamilan, Anda bisa mengurangi risiko terjadinya keguguran dan bayi terlahir cacat. Jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter dan melakukan fertility check-up sebelum memulai program kehamilan.

Fertility Check Up atau pemeriksaan fertilitas adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan oleh para calon orang tua yang akan merencanakan program kehamilan. Hal ini dilakukan untuk menguji kesuburan dan mengecek ada atau tidaknya penyakit genetik, serta penyakit infeksi/menular pada pasangan. Pemeriksaan ini tentunya bertujuan untuk mempercepat proses pembuahan serta mencegah penularan penyakit kepada pasangan dan calon anak kelak.

"Di Indonesia, dari populasi reproduksi yang mencapai 40 juta, ada sekitar empat juta yang infertilitas, namun berbagai masalah infertilitas kini lebih mudah diatasi dengan pengecekan dasar kesehatan tiap-tiap pasangan," ujar President Director of Morula IVF Indonesia, dr. Ivan Rizal Sini, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5/2022).

''Pihak wanita karena kista, saluran telur tersumbat, infeksi radang panggul. Sementara dari pihak pria karena jumlah dan kualitas sel sperma rendah, azoospermia atau tidak punya sel sperma. Tak hanya itu, gaya hidup serta polusi juga bisa menyebabkan adanya infertilitas,'' lanjutnya.

dr. Ivan menjelaskan penyebab infertilitas pada dasarnya cukup beragam. Ada beberapa penyebab infertilitas baik dari pihak wanita atau laki-laki.

Untuk itu, mengubah pola hidup tidak sehat dan meningkatkan pola hidup sehat akan sangat bermanfaat bagi pasangan untuk mencapai kehamilan. Di samping itu, dr. Ivan juga menyarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan sebelum memulai program kehamilan (Fertility Check Up).

Layanan Fertility Check Up di Klinik Morula IVF Jakarta

Morula IVF Indonesia menghadirkan penawaran spesial paket Morula Fertility Check Up untuk calon orang tua, pria dan wanita. Untuk pria, terdapat paket Fertility Check Up seperti, Complete Blood Count and Blood Type and Rhesus, Peripheral Blood Smear Test, Blood Glucose Profile (Fasting dan Post Prandial), Lipid Profile, Kidney Function (Ur/Cr and Routine Urine Test), Liver Function (OT/PT), Serology (AntiHIV, VDRL, TPHA), Hepatitis Marker (HbsAg, AntiHbs, Anti HCV) dan Sperm Analyst and DFI.

Morula IVFFoto: Morula

Sementara itu, paket Fertility Check Up untuk wanita adalah Complete Blood Count and Blood Type and Rhesus, Peripheral Blood Smear Test, Blood Glucose Profile (Fasting dan Post Prandial), Lipid Profile, Kidney Function (Ur/Cr and Routine Urine Test), Liver Function (OT/PT), Serology (AntiHIV), Hepatitis Marker (HbsAg, AntiHbs, Anti HCV) dan Anti-Mullerian Hormone.

Saat ini, Morula IVF Jakarta juga hadir di Allo Bank Festival 2022 yang berlangsung di Istora Senayan mulai tanggal 20-22 Mei 2022 untuk memberi kemudahan bagi para pasangan muda yang berencana melakukan Fertility Check Up atau sekadar mengetahui kondisi kesehatan mereka. Tak hanya itu, Morula IVF juga memberikan berbagai penawaran menarik dan hadiah menarik bagi pengunjung.

"Morula IVF Indonesia bantu wujudkan impian menjadi orang tua dengan program bayi tabung (IVF). Morula IVF sudah berpengalaman lebih dari 23 tahun, dengan menggunakan teknologi terbaru dan sertifikasi internasional, kami telah membantu 90.000 pasangan di Indonesia, dengan tingkat keberhasilan kehamilan tertinggi hingga 72%," papar Marketing Communication Manager Morula IVF Indonesia, Rully Johan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website www.morulaivf.co.id atau menghubungi 150-483, contact.center@morulaivf.co.id, Senin-Sabtu pukul 07.00 - 20.00 WIB.



Simak Video "Usai Keguguran, Nagita-Raffi Banjir Tawaran Program Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/up)