Minggu, 22 Mei 2022 14:37 WIB

Disebut Bisa Menular Lewat Kontak Seks, dari Mana Sumber Penyakit Cacar Monyet?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cacar monyet: 80 kasus dikonfirmasi di 11 negara, apa sebenarnya cacar ini dan seberapa berbahaya? Foto: BBC World
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan potensi penyakit cacar monyet disebabkan oleh hubungan seksual. Setidaknya hingga Minggu (22/5/2022), WHO telah mencatat 92 kasus cacar monyet terkonfirmasi dan 28 kasus suspek dari 12 negara. Seiring itu, pakar mengungkapkan, virus penyebab penyakit cacar monyet pada dasarnya bukan berasal dari hewan monyet.

"Cacar monyet bukan virus monyet. Ini awalnya diisolasi dari monyet. Tetapi monyet bukan inang alami," kata Kepala Program Infeksi Virus Zoonosis Universitas Minnesota, D Matt Aliota, dikutip dari The Guardians, Minggu (22/5).

"Ini adalah virus yang secara alami menginfeksi hewan pengerat kecil dan kemudian dapat melompat ke manusia melalui goresan atau perburuan dan pemrosesan daging," sambungnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menjelaskan, cacar monyet lebih sulit menular sehingga upaya pencegahannya lebih mudah daripada penanganan virus Corona. Orang yang terkena cacar monyet diyakini memiliki masa inkubasi lebih lambat.

Diduga Terkait Aktivitas Seksual

Ketua Kelompok Penasehat Strategis dan Teknis WHO tentang Bahaya Menular dengan Potensi Pandemi dan Epidemi, David, Heymann, menyebut pihaknya kini tengah mengkaji potensi kasus-kasus cacar monyet yang ada saat ini disebabkan oleh kontak seksual.

"Apa yang tampaknya terjadi sekarang adalah cacar monyet telah masuk ke populasi sebagai bentuk penyakit seksual, sebagai bentuk penyakit genital. Menyebar seperti penyakit infeksi menular seksual sehingga kasus penularannya meningkat di dunia," beber Heymann.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)