Minggu, 22 Mei 2022 15:35 WIB

5 Fakta Cacar Monyet yang Sedang Mewabah

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Penyebaran Infeksi Virus Cacar Monyet Terjadi di Eropa dan AS Foto: DW (News)
Jakarta -

Penyakit cacar monyet yang umumnya ditemukan di Afrika ramai diperbincangkan usai menyebar di kawasan Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Sudah ada beberapa negara yang telah melaporkan wabah kasus cacar monyet ini. Contohnya adalah Inggris, Spanyol, Italia, Amerika Serikat, dan Australia. Para ilmuwan sedang mencoba memahami mengapa cacar monyet menyebar di luar Afrika Tengah dan Barat.

Beberapa di antara pasien diketahui terinfeksi usai melancong ke benua Afrika, asal mula virus cacar monyet tersebut. Dugaan sementara penyebab penyebaran cacar monyet yang cukup masif ini adalah pelonggaran pembatasan perjalanan pasca redanya kasus COVID-19.

Untuk memahami lebih jauh tentang cacar monyet, berikut beberapa faktanya seperti dikutip dari NHS:

Tentang Cacar Monyet

Cacar monyet adalah infeksi langka yang terutama disebarkan oleh hewan liar. Virus cacar monyet disebarkan oleh hewan pengerat, seperti tikus, mencit dan tupai. seseorang dapat tertular cacar monyet dari hewan yang terinfeksi jika digigit atau menyentuh darah, cairan tubuh, bintik-bintik, lecet atau korengnya.

kemungkinan untuk tertular cacar monyet dengan memakan daging dari hewan yang terinfeksi yang belum dimasak dengan sempurna atau dengan menyentuh produk lain dari hewan yang terinfeksi (seperti kulit atau bulu hewan).

Penyebaran Cacar Monyet

Tidak seperti COVID-19, cacar monyet biasanya tidak mudah menyebar antarmanusia.

Cacar monyet menyebar melalui tetesan pernapasan berukuran besar ketika kontak dekat atau kontak langsung dengan bintilan di kulit atau cairan tubuh.

Penularan juga dapat terjadi melalui kontak tidak langsung melalui pakaian atau tempat tidur yang terkontaminasi.

Gejala Cacar Monyet

Kebanyakan orang yang terkena cacar monyet mengalami gejala seperti flu ringan, seperti demam, sakit punggung, dan ruam yang hilang dengan sendirinya dalam dua hingga empat minggu.

Ruam dimulai di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk alat kelamin. Pada ruam akan muncul bisul berisi nanah dan akhirnya mengeras.

Sulit untuk membedakan antara cacar monyet dan ruam umum lainnya seperti cacar air.

Cara Menghindari Cacar Monyet

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena cacar monyet yaitu,

Mencuci tangan dengan air dan sabun secara teratur atau gunakan handsanitizer

Makan daging yang telah dimasak dengan matang

Pengobatan Cacar Monyet

Pengobatan untuk cacar monyet sebagian besar bersifat suportif, seperti untuk gejala batuk atau pilek. Kebanyakan orang sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa minggu.

Penyakit ini biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam 2 sampai 4 minggu. Tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet, tetapi vaksin cacar dapat digunakan untuk mengendalikan wabah.

Karena cacar monyet dapat menyebar jika ada kontak dekat, pasien perlu diisolasi jika didiagnosis menderita cacar monyet. Perlu tinggal di rumah sakit sehingga gejalanya dapat diobati dan untuk mencegah infeksi menyebar ke orang lain.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(Dzihni Ismah Hanifah/fds)