Senin, 23 Mei 2022 07:17 WIB

Belgia Wajibkan Karantina 21 Hari pada Pasien Cacar Monyet, Begini Sorotannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cacar monyet: 80 kasus dikonfirmasi di 11 negara, apa sebenarnya cacar ini dan seberapa berbahaya? Foto: BBC World
Jakarta -

Merespons peningkatan kasus cacar monyet sebagaimana yang dilaporkan Inggris, Belgia mewajibkan karantina 21 hari bagi siapa pun yang menderita penyakit tersebut. Hingga kini, Belgia mencatat tiga kasus dan semuanya terlapor pada Jumat (20/5/2022),

Diduga, ketiga kasus tersebut terkait dengan acara 'Festival Darklands' yang berlangsung empat hari di kota pelabuhan Antwerpen. Pasalnya, pada acara tersebut pendatang dari negara-negara lain, termasuk negara yang sudah melaporkan kasus cacar monyet.

Dr Susan Hopkins dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris menjelaskan, virus cacar monyet secara signifikan lebih berbahaya pada anak kecil dibandingkan orang dewasa. Seorang anak di Inggris kini dilaporkan menjalani perawatan intensif lantaran terpapar cacar monyet.

"Kami tahu dari laporan dari Afrika, penyakit ini telah menyebar dalam wabah selama bertahun-tahun, individu-individu tertentu jauh lebih berisiko terkena penyakit parah, termasuk individu yang mengalami penurunan kekebalan atau anak muda," ikar Dr Hopkins, dikutip dari Sky News, Senin (23/5/2022).

"Jelas, ini adalah penyakit menular baru yang belum pernah kita lihat di komunitas kita sebelumnya," sambungnya.

Lebih lanjut menurut Dr Hopkins, risiko penyakit cacar monyet terhadap populasi umum sebenarnya rendah. Akan tetapi, orang-orang tetap diminta waspada akan risiko penularannya sehingga siapa pun yang sakit diminta tetap tinggal di rumah.

"Jika mengalami ruam, segera cari pertolongan medis baik dengan menghubungi dokter umum atau klinik kesehatan seksual," beber Dr Hopkins.

Meskipun cacar monyet biasanya ringan, penyakit ini bisa berakibat fatal pada kasus yang jarang terjadi. Strain yang menyebabkan wabah saat ini membunuh rata-rata satu dari 100 orang yang terinfeksi.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)