Senin, 23 Mei 2022 16:16 WIB

3 Skenario Kemenkes saat RI Masuk Endemi COVID-19

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. 3 skenario Kemenkes RI saat masuk endemi COVID-19. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indonesia kini berada di fase transisi dari pandemi menuju endemi COVID-19. Kemenkes RI memaparkan 3 skenario saat keadaan memasuki fase endemi.

"Kita masuk dalam fase pandemi terkendali, jadi belum sampai endemi," ujar Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan RI dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI bersama Kementerian Kesehatan RI, Senin (23/5/2021).

"Pandemi terkendali berarti tidak menyebabkan disrupsi pada kegiatan sosial masyarakat," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kemenkes RI memaparkan 3 skenario yang harus dilewati pada masa transisi dari pandemi ke endemi, berikut ini:

Virus Tidak Benar-benar Hilang

Virus tidak hilang total, contohnya virus flu Spanyol dan H1N1 yang masih ada saat ini. Namun patogen bisa berhenti menyebar karena banyak orang sudah terlindung melalui vaksinasi atau sudah pernah terinfeksi. Dengan begini mutasi virus relatif jadi tidak berbahaya.

Manusia Beradaptasi

Sistem kekebalan tubuh manusia cukup belajar untuk melawan infeksi menyebabkan seiring waktu virus hanya akan memicu gelombang kecil dan menyebabkan penyakit yang lebih ringan. Di tahap ini manusia juga sudah menemukan vaksin dan antibiotik/antivirus.

Memiliki Pola Epidemiologis

Pada fase ini pola virus telah diketahui sehingga bisa diprediksi. Belajar dari 3 pandemi terakhir, status pandemi berubah menjadi endemi setelah 1,5-2 tahun kemunculan penyakit.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)