Senin, 23 Mei 2022 16:32 WIB

Jadi, Kapan PPKM Dicabut? Ssst.. Wamenkes Bocorkan Prediksinya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wamenkes Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjelaskan rencana pencabutan strategi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) se-Indonesia. Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan yang disetujui pihaknya dengan para pakar yakni epidemiolog.

Hal itu berdasarkan perkembangan data angka reproduksi (RT) tren kasus COVID-19. Kemungkinan PPKM baru bisa dicabut atau tidak diperpanjang jika reproduction rate di bawah 1 berlangsung selama enam bulan.

"Mengenai status PPKM yang memang nantinya akan dihapus, kami sedang melakukan evlauasi dengan para epidemiologi, apabila artinya kurang dari 2 bulan itu masih kurang dari 1, maka status PPKM akan diupdate setiap 2 minggu," kata dia saat melakukan rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022).

"Apabila RT-nya sudah 4 bulan kurang dari 1, maka status PPKM akan di-update selama 4 minggu, ketika status RT-nya kurang dari 1 sudah mencapai 6 bulan, maka kemungkinan PPKM tidak perlu diupdate lagi," beber Dante.

Dante tak memungkiri PPKM sewaktu-waktu bakal kembali dibutuhkan jika wabah COVID-19 kembali melonjak. Sementara anggota Komisi IX DPR RI, Krisdayanti berpesan agar pemerintah tak mengambil langkah terburu-buru meski tren COVID-19 tampak membaik.

"Kita jangan terburu-buru lah, jangan latah melihat yang lain. Patokannya saat ini kan di dunia, WHO masih dalam status Public Health Emergency of International Concern," sebutnya dalam kesempatan yang sama.

Pencabutan PPKM ini mulanya diungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Menurutnya, warga Indonesia sudah tidak perlu menjalani aturan PPKM jika pengendalian COVID-19 semakin terkendali.

"Ya pastilah PPKM dicabut. Kalau sudah terkendali masa PPKM terus. Sangat besar peluangnya, secepatnya (dicabut)," terang dia kepada wartawan di Gedung Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).



Simak Video "5 Temuan yang Diklaim Bisa Mengatasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)