Senin, 23 Mei 2022 19:00 WIB

Viral Cekcok Pengemudi Pajero Vs Yaris, Psikolog Bagikan Tips Redam Emosi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Pajero viral Foto: tangkapan layar
Jakarta -

Viral cekcok pengemudi Toyota Yaris dengan pengemudi Pajero. Insiden tersebut viral dibagikan dalam sebuah video yang tersebar di media sosial, kejadian terjadi di GT Tomang, Jakarta Barat Minggu (22/5/2022).

Terlihat pria yang mengendarai Pajero menampar pria berinisial YA, yang menggunakan Toyota Yaris. Belakangan, YA melaporkan pengemudi Pajero tersebut dengan tuduhan penganiayaan ringan pasal 352 KUHP.

Menurut psikolog klinis Veronica Adesla dari Ohana Space ada beberapa penyebab seseorang kerap mengamuk saat berkendara. Misalnya, pengendara mengalami hambatan selama di perjalanan hingga tengah diburu waktu.

Namun, amarah tersebut sebenarnya bisa diredam dengan mulai mengatur napas dan pikiran. "Tarik napas dan hembuskan perlahan (boleh berhitung hingga 10). Bayangkan dalam pikiran hal-hal yang dapat kembali membuat tenang dan mengendalikan diri," tutur Vero saat dihubungi detikcom Senin (23/5/2022).

Momen-momen yang indah bisa berkaitan dengan hal personal seperti suasana indah bersama pasangan atau orang terkasih. Hal ini disebut Vero efektif untuk mengalihkan rasa emosi yang bisa saja meluap dengan agresif.

Selain membahayakan diri sendiri, amarah yang muncul selama perjalanan atau berkendara tentu bisa berdampak pada orang lain.

"Menyetir agresif misalnya, kemungkinan yang terjadi adalah bahaya kecelakaan untuk diri sendiri dan bila itu terjadi bagaimana dengan keluarga dan orang-orang dekat yang ditinggalkan," sambungnya.

Simak Video 'Pengemudi Pajero Harap Ahmad Sahroni Hapus Video Cekcoknya yang Viral':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2