Selasa, 24 Mei 2022 04:57 WIB

Samakah Pengobatan Pasien Hepatitis Misterius dengan Hepatitis Lainnya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Makanan untuk Hepatitis Ilustrasi hepatitis (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyebut, penanganan hepatitis misterius yang kini merebak pada anak-anak pada dasarnya sama dengan jenis hepatitis yang sudah ada di Indonesia sebelumnya. Namun, perbedaan penanganan bergantung pada tingkat keparahan kondisi dan gejala yang muncul pada pasien.

Juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril menyebut, pasien dengan gejala awal cukup beroleh penanganan di Puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tanpa wajib dirujuk ke rumah sakit lebih besar.

"Penanganannya sebetulnya pasien ini (hepatitis misterius) sama seperti hepatitis yang sudah kita kenal selama ini. Kalau dia masih gejala awal dengan mual, muntah, atau hanya sakit perut sampai diare itu penanganannya sudah ada tata laksananya apakah cukup dilakukan di Puskesmas atau di Rumah Sakit Umum Daerah. Tidak mesti harus disampaikan ke RS yang lebih besar," ujarnya dalam siaran langsung, 'Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman', Senin (23/5/2022).

Namun jika gejala pada pasien, dalam hal ini anak-anak, sudah semakin parah, pasien perlu segera dibawa ke rumah sakit besar untuk beroleh penanganan tepat. Syahril menyebut, kini Kemenkes RI telah menunjuk sejumlah Rumah Sakit Umum Pusat di provinsi-provinsi RI untuk menjadi rumah sakit rujukan hepatitis.

"Kemudian kalau gejala lebih lanjut, contohnya dia sudah kencing seperti air teh kemudian BAB dempul atau pucat keputihan, dan juga ada kuning di mata, di badan, maka itu penanganannya juga ada step-nya," beber Syahril.

"Satu lagi kalau sudah lebih berat, contohnya pasien dengan kejang kemudian kesadaran menurun, maka harus dilakukan, ditangani di RS yang lebih besar. Sebagai contoh RSCM dan Indonesia saat ini dengan keputusan dari Direktorat Jenderal Kesehatan itu sudah menunjuk rumah sakit-rumah sakit umum pusat Kementerian Kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi untuk menjadi rumah sakit rujukan hepatitis," pungkasnya.



Simak Video "Belum Ada Titik Terang Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)