Selasa, 24 Mei 2022 19:07 WIB

Termasuk Tetangga RI, 15 Negara Ini Sudah Laporkan Kasus Cacar Monyet

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
cacar monyet Foto ilustrasi: Getty Images/CDC
Jakarta -

Di tengah kekhawatiran kasus COVID-19 dan hepatitis akut misterius, warga dunia kembali dibuat pusing dengan kasus cacar monyet atau monkeypox. Penyakit ini diketahui pertama kali menyebar di wilayah Eropa.

Kasus cacar monyet menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena sudah menyebar ke wilayah negara yang bukan endemik.

"Situasinya mulai berkembang dan WHO memperkirakan akan ada lebih banyak kasus cacar monyet yang diidentifikasi saat pengawasan meluas di negara-negara non-endemik," kata rilis berita WHO dikutip dari CNN.

WHO pada Sabtu (21/5), melaporkan 92 kasus konfirmasi cacar monyet dan 28 kasus lain masih diselidiki di berbagai negara.

Berdasarkan laporan tersebut, terdapat 12 negara yang telah melaporkan kasus tersebut. Kemudian pada Selasa (24/5), tiga negara lain melaporkan temuan kasus baru cacar monyet. Sehingga total yang melaporkan kasus tersebut sudah 15 negara.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 15 negara yang melaporkan kasus cacar monyet:

Amerika Serikat

Hingga Senin (23/5), CDC Amerika Serikat mengkonfirmasi satu kasus cacar monyet dan enam lainnya masih dalam penyelidikan.

Australia

Pihak berwenang Australia pada Jumat (20/05), telah mengidentifikasi kemungkinan kasus cacar monyet pada seorang turis yang berasal dari Eropa.

Belgia

Kementerian Kesehatan Belgia pada Jumat (20/5), melaporkan tiga kasus baru cacar monyet. Sehingga total kasus penyakit tersebut ada 4.

Kanada

Pemerintah Kanada dan Amerika tengah bekerjasama mengidentifikasi kasus cacar monyet setelah ditemukan dua kasus baru.

Prancis

Kasus cacar monyet juga ditemukan di Prancis yang menginfeksi pria 29 tahun. Kasus pertama ini diumumkan Kementerian Kesehatan Prancis pada Jumat (20/5).

Jerman

Pemerintah Jerman mengkonfirmasi dua kasus cacar monyet di Berlin, Jerman pada Sabtu (21/5). Saat ini para pasien tengah mendapat perawatan.

Italia

Pada Jumat (20/5), pemerintah Italia menemukan dua kasus baru cacar monyet. Sehingga total kasus di negara tersebut tiga.

Belanda

Hingga Senin (23/5), kementerian Kesehatan Belanda telah mengkonfirmasi enam kasus cacar monyet.

Portugal

Pada 18 Mei, pemerintah Portugal mengkonfirmasi lima kasus cacar monyet dan 20 kasus lainnya masih diselidiki.

Spanyol

Pejabat kesehatan Spanyol melaporkan tujuh kasus cacar monyet. Menurut Antonio Zapatero dari departemen kesehatan regional, pemerintah Spanyol sedang menguji 22 kasus lain yang dicurigai sebagai cacar monyet.

Swedia

Swedia juga mengkonfirmasi satu kasus cacar monyet tepatnya di Kota Stockholm.

Inggris

Hingga hari ini, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) sudah mendeteksi 36 kasus dugaan cacar monyet. Sejak 7 Mei, total sudah ada 56 kasus.

Israel

Pemerintah Israel melaporkan satu kasus cacar monyet yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Pemerintah Israel masih menyelidiki dugaan kasus lainnya

Swiss

Kementerian Kesehatan Swiss juga melaporkan satu kasus cacar monyet yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Pemerintah Swiss sudah menerapkan isolasi bagi pasien terkait.

Austria

Pada Minggu (22/5), pemerintah Austria melaporkan kasus pertama cacar monyet di Vienna.



Simak Video "WHO Tetapkan Saat Ini Cacar Monyet Bukan Darurat Global, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)