Senin, 23 Mei 2022 16:45 WIB

5 Cara Pencegahan Cacar Monyet yang Disebut Bisa Menular Lewat Seks

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
cacar monyet Pencegahan cacar monyet (Foto: Getty Images/CDC)
Jakarta -

Cara pencegahan cacar monyet penting diketahui masyarakat. Pasalnya, penyakit tersebut sangat menular ke manusia sampai menyebabkan kenaikan kasus di sejumlah negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan hingga 21 Mei 2022, ada 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 kasus masih diselidiki di berbagai negara.

"Situasinya mulai berkembang dan WHO memperkirakan akan ada lebih banyak kasus cacar monyet yang diidentifikasi saat pengawasan meluas di negara-negara non-endemik," kata WHO, dikutip dari laman resminya, Senin (23/5/2022).

Sebagai informasi, cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Terdapat dua jenis virus penyebab cacar monyet, yakni berasal dari kelompok Afrika Barat dan Congo Basin (Afrika Tengah). Perbedaan keduanya adalah virus dari Afrika Barat cenderung menyebabkan gejala lebih ringan.

Adapun penularannya dapat terjadi apabila seseorang bersentuhan dengan hewan dan manusia yang terinfeksi, gigitan hewan, cakaran hewan, sekresi pernapasan, hingga kontak langsung dengan cairan tubuh manusia maupun hewan.

Bahkan cacar monyet juga diduga bisa menular melalui hubungan seksual. Hal ini diketahui dari laporan Badan keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) yang menyebut sebagian besar kasus cacar monyet ditemukan pada pria yang berhubungan seks dengan pria lain.

"Penularan komunitas sebagian besar berpusat di daerah perkotaan dan kami sebagian besar melihatnya pada individu yang mengidentifikasi diri sebagai gay atau biseksual, atau pria lain yang berhubungan seks dengan pria karena seringnya mereka melakukan kontak dekat," ujar Kepala Penasihat Medis UKHSA, Dr Susan Hopkins, dikutip dari The Independent, Senin (23/5).

Meskipun demikian, penyakit cacar monyet umumnya menular lewat kontak dekat, bahkan tanpa hubungan seks. Simak cara pencegahannya berikut ini.

Cara Pencegahan Cacar Monyet

Salah satu cara pencegahan yang paling efektif adalah mendapatkan vaksinasi. Meski saat ini belum ada vaksin spesifik untuk melindungi diri dari cacar monyet, namun WHO menyebut vaksin cacar ampuh melawan cacar monyet hingga 85 persen.

"Vaksin tersedia, tetapi pesan pentingnya bahwa Anda bisa memproteksi diri Anda," kata David Heymann, pejabat tinggi WHO dan spesialis penyakit menular, dikutip dari CGTN, Senin (23/5).

Selain vaksin, ada lima cara lainnya sebagai upaya pencegahan cacar monyet yang perlu diketahui, yaitu:

  • Hindari kontak dengan hewan yang membawa virus cacar monyet (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah di mana cacar monyet terjadi).
  • Hindari kontak dengan barang apapun, seperti tempat tidur yang pernah bersentuhan dengan hewan yang sakit.
  • Pisahkan pasien yang terinfeksi dari orang lain yang mungkin berisiko terinfeksi.
  • Lakukan kebersihan tangan yang baik setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien yang terinfeksi.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menerapkan cara pencegahan cacar monyet demi menghindari penyebaran yang semakin luas.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)