Rabu, 25 Mei 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Kulit Telapak Kaki Sering Kering Sampai Berdarah, Bagaimana Solusinya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi kaki Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok umur saya sekitar 28 punya keluhan telapak kaki kering. Kalau terlalu kering, kulit kaki kadang pecah sampai keluar darah serta menimbulkan rasa sakit dan gatal.

Mohon bantuannya Dok. Kira-kira obat, salep, atau cream apa yang cocok Dok?

Uswah Zhuwa (Wanita, 28 tahun)

Jawaban:

Kemungkinan besar kulit Kakak selain kering ada juga pemicu yang berlangsung terus-menerus, seperti misal terlalu sering berjalan tanpa alas kaki, berjalan di lantai yang kasar, terlalu sering terkena air, atau terkena deterjen. Hal-hal itu biasanya yang memperparah sehingga kulit kaki semakin kering dan mudah iritasi.

Untuk mencegahnya tentu Kakak harus memperhatikan:

1. Kaki Tidak Terkena Bahan Iritan

Artinya tidak terlalu sering kena air, kalau cuci kaki langsung dikeringkan, kaki tidak terkena atau terendam air cucian terus-menerus, atau ketika berjalan menggunakan alas kaki.

2. Pelembab Rutin

Perlu diberikan pelembab rutin yang konsentrasinya cukup kuat sehingga bisa lebih melindungi, biasanya mengandung urea. Gunakan malam hari dan setelah digunakan Kakak boleh tutup dengan kaos kaki supaya lebih meresap.

Tentunya kalau sudah berdarah berarti ada luka. Bila ada luka berarti infeksi bakteri bisa terjadi dan tidak bisa dianggap remeh.

Jadi kalau sudah ada luka, sakit, dan gatal tentunya lebih baik konsultasi dengan dokter karena kaki itu salah satu organ utama yang menjadi penopang tubuh kita, setiap hari kita gunakan untuk berjalan bolak-balik.

Bila makin parah keluhannya nanti akan mengganggu mobilitas, membuat kita tidak bisa beraktivitas dengan baik. Jadi sebaiknya segera diobati.

Terima kasih semoga membantu.

dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah - Puri Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Obat Covid Remdesivir Disetujui untuk Anak di Bawah 12 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)