Rabu, 25 Mei 2022 12:45 WIB

Gejala Cacar Air pada Orang Dewasa, Benarkah Lebih Berbahaya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Gejala cacar air pada orang dewasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)
Jakarta -

Gejala cacar air pada orang dewasa seperti apa sih? Mengingat penyakit yang disebabkan oleh virus ini nggak hanya menyerang anak-anak, tetapi juga orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuhnya menurun. Lantas, seperti apa gejalanya?

Pada dasarnya gejala cacar air pada orang dewasa terbilang umum dan bisa dialami siapa saja. Namun, perbedaan gejala antara dewasa dan anak maupun bayi terletak pada tingkat keparahannya.

"Cacar air pada dewasa itu umumnya lebih berat. Lebih berat artinya gejalanya lebih luas, di wajah, di badan, dan di berbagai area. Mematikan si enggak, tapi berbahayanya mungkin risiko bekasnya lebih banyak karena gejalanya lebih luas, parah, dan lebih berat. Dibandingkan dengan pada bayi dan anak-anak," tutur Dr dr Darma, SPKK(K), FINSDV, FAADV, dari DNI Skin Centre saat dihubungi oleh detikcom, (25/5/2022).

Menurut dr Darma, gejala pada orang dewasa lebih berisiko meninggalkan bekas yang lebih banyak dibandingkan pada bayi dan anak-anak. Hal ini karena daya tahan tubuh orang dewasa rentan turun, sehingga bisa memicu gejala yang lebih berat.

"Beberapa teori menyatakan karena ilmu kekebalan atau imunitas dari cacar air ini sifatnya permanen. Artinya orang yang terkena cacar air sekali bisa seterusnya seumur hidup umumnya dia akan kebal kecuali dia ada penyakit HIV atau penurunan daya tahan tubuh," kata dr Darma.

"Jadi kekebalan ini umumnya bisa diturunkan dari ibu dan anak. Sehingga pada bayi dan anak-anak itu masih punya imunitas yang diturunkan dari ibunya. Sehingga dia kalaupun kena cacar air masih lebih ringan daripada orang dewasa," lanjutnya.

Berbicara tentang hal itu, simak informasi berikut terkait gejala cacar air pada orang dewasa.

Gejala Cacar Air pada Orang Dewasa

Sebagai informasi cacar air atau chickenpox merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Adapun gejala pada orang dewasa sebagai berikut.

  • Demam
  • Merasa lelah
  • Sakit kepala
  • Sakit perut yang berlangsung selama satu atau dua hari
  • Ruam kulit yang sangat gatal dan tampak seperti banyak lepuh kecil
  • Benjolan berisi cairan yang terlihat seperti air susu
  • Keropeng (scabs) setelah lepuh pecah
  • Kulit yang terlihat berjerawat
  • Bintik-bintik yang memudar

Gejala Cacar Air pada Orang Dewasa: Seperti Apa Pengobatannya?

Sampai saat ini pengobatan cacar air masih belum tersedia. Namun, penyakit tersebut biasanya akan sembuh dalam kurun waktu satu atau dua minggu tanpa pengobatan.

Adapun cara pencegahan gejala cacar air pada orang dewasa dapat dilakukan dengan cara vaksinasi.

Meskipun orang yang telah divaksinasi cacar air kemungkinan masih bisa terkena, namun gejala pada orang dewasa yang ditimbulkan akan lebih ringan dibandingkan yang belum vaksinasi.

Simak Video 'WHO: Wabah Cacar Monyet Masih Dapat Dibendung':

[Gambas:Video 20detik]



(suc/naf)