ADVERTISEMENT

Rabu, 25 Mei 2022 17:01 WIB

Viral TikTok Awetkan Alpukat Hingga Sebulan, Ahli Ingatkan Bahayanya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Manfaat Alpukat Foto: iStock
Jakarta -

Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Berbagai menu dapat dibuat menggunakan buah tersebut, dari jus, salad, hingga pelengkap roti.

Tak hanya lezat untuk dijadikan hidangan, Alpukat juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. Sehingga banyak tips di internet mengenai cara mengolah buah hijau satu ini.

Terkait hal tersebut, belakangan viral di media sosial TikTok, akun @shamamamhealing membagikan tips cara menyimpan alpukat di lemari es selama satu bulan.

"Sedikit trik alpukat untukmu! Simpan di dalam air dan taruh di dalam lemari es, tahan selama sebulan," tulis keterangan akun tersebut.

@shamamamahealing Just some #avocado magic for you! Store in water in the fridge for up to a month! #kitchentips #vegan #vegetarian #howto ♬ Fadeaway - Official Sound Studio

Menanggapi video viral tersebut, pejabat dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menentang cara tersebut. FDA tidak merekomendasikan masyarakat luas mengikuti tips tersebut.

"Kekhawatiran utamanya adalah ada kemungkinan bahwa sisa patogen manusia seperti Listeria monocytogenes, Salmonella spp, atau lainnya, berada di permukaan alpukat, berpotensi berkembang biak selama penyimpanan di dalam air," kata pejabat FDA dalam pernyataan resmi kepada Good Morning Amerika, dikutip Selasa (25/5/2022).

Studi yang dilakukan FDA pada 2018 lalu menemukan, dari 1.615 sampel alpukat, lebih dari 17 persen terkontaminasi Listeria monocytogenes pada bagian kulit buah.

Sehingga FDA merekomendasikan untuk mencuci alpukat sebelum mengkonsumsinya. Ini sebagai upaya mencegah perpindahan bakteri dari kulit alpukat ke pisau.

"Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan FDA menunjukkan Listeria monocytogenes memiliki potensi menyusup dan mengendap ke dalam daging alpukat ketika direndam dalam lemari pendingin selama 15 hari penyimpanan," kata FDA.

Merendam alpukat di dalam air dan menyimpannya di dalam lemari es memang membuat buah tersebut tetap hijau. Tetapi sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membawa virus dan menimbulkan penyakit.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT