Ini Manfaat & Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Hipertensi!

ADVERTISEMENT

Ini Manfaat & Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Hipertensi!

Nada Zeitalini - detikHealth
Rabu, 25 Mei 2022 18:05 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Aktivitas fisik memang bisa membuat jantung terpacu, sehingga tensi atau tekanan darah meningkat. Namun dalam porsi yang tepat, olahraga justru efektif menurunkan tekanan darah rata-rata.

Berdasarkan banyak penelitian, disebutkan olahraga yang tepat memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Salah satunya studi yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Annals of Internal Medicine ini menunjukkan bahwa rutin berolahraga aerobik bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan ketika jantung berkontraksi untuk memompa darah) rata-rata sebesar 3.84 mmHg dan penurunan tekanan darah diastolik (tekanan ketika jantung sedang dalam keadaan istirahat) rata-rata sebesar 2.58 mmHg

Jurnal lainnya yaitu American College of Sports Medicine juga menjelaskan hal yang sama bahwa rutin berolahraga penting bagi penderita hipertensi. Sedangkan data yang dipaparkan jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menunjukkan olahraga aerobik dapat berkaitan dengan penurunan tekanan darah hingga 5-7 mmHg pada penderita hipertensi.

Selain penting untuk menjaga tekanan darah, olahraga juga penting untuk menjaga berat badan, memperkuat jantung, dan menurunkan tingkat stres. Ketiga faktor ini secara terpisah juga dapat memberikan manfaat tambahan dalam menjaga tekanan darah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga

Meski manfaat olahraga cukup besar untuk penderita hipertensi, namun tetap perlu memperhatikan jenis dan intensitasnya. Sebab olahraga yang dilakukan tentunya akan bergantung pada kondisi penderita hipertensi.

Pilihlah jenis olahraga aerobik intensitas sedang, berjalan cepat, dan bersepeda yang dilakukan minimal 150 menit per minggu. Agar lebih menyenangkan lakukan juga olahraga yang disukai atau berolahraga bersama orang terdekat.

Penderita hipertensi juga bisa mengombinasikan dengan latihan beban minimal 2 kali per minggu. Namun jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga agar jantung dapat beradaptasi secara bertahap, serta lakukan latihan pernapasan dengan benar selama berolahraga. Konsultasi juga dengan dokter untuk menentukan program latihan olahraga yang sesuai dan diperlukan.

Selain rutin berolahraga, menjaga asupan garam harian tak kalah penting dalam mengontrol tekanan darah. Tropicana Slim hadir dengan berbagai produk rendah garam yang dapat membantu membatasi asupan garam tanpa perlu mengorbankan rasa.

Untuk menu masakan yang nikmat dan enak tapi tetap sehat, Tropicana Slim Kecap Manis, Tropicana Slim Kecap Asin, Tropicana Slim Saus Tiram, dan Tropicana Slim Sambal Terasi bisa jadi pilihan. Untuk produk rendah garam yang juga terkontrol kalorinya, coba Tropicana Slim Shirataki Noodles yang mengandung hanya 100 Kalori per saji, lebih rendah garam dan tetap lezat.

Yuk jaga tekanan darah dengan rutin berolahraga dan mengontrol pola makan!



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT