Kamis, 26 Mei 2022 18:02 WIB

Heboh Balita Asal Malaysia Disebut Kena Cacar Monyet, Ternyata Ini Faktanya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Anak sakit Foto: iStock
Jakarta -

Balita berusia 3 tahun asal Malaysia yang pada awal bulan lalu diduga terinfeksi cacar monyet atau monkeypox, hasil pemeriksaan menunjukkan penyakit lain. Menurut Otoritas Kesehatan Malaysia, balita itu terinfeksi Hand Foot Mouth Disease (HFMD) atau yang dikenal dengan sebutan Flu Singapura.

Diketahui anak berusia tiga tahun itu mengalami sejumlah gejala yang mirip cacar monyet seperti demam, ruam, hingga blister.

"Pernyataan dari Kementerian Kesehatan Malaysia soal penyakit "monkeypox", seorang anak berusia 3 tahun dibawa ke Klinik Kesihatan Batu 14, Selangor untuk diperiksa karena mengalami gejala demam (13 Mei) dan ruam (16 Mei). Ruam ini menjadi blister (19 Mei) dan mulai pecah (21 Mei)," tulis Dirjen Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah dalam sebuah cuitan, dikutip Kamis (26/5/2022).

Pihak kesehatan Malaysia mengambil dua jenis sampel yakni pengujian HFMD dan cacar monyet. Kemudian sampel dari anak tersebut, diobservasi oleh Makmal Kesihatan Awam Kebangsaan Malaysia dan dilakukan pemantauan pasien dari Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Hasil pengujian menunjukkan anak tiga tahun itu terinfeksi virus Coxsackie A6, bukan cacar monyet.

"Keputusan ujian mengesahkan HFMD positif Virus Coxsackie A6 dan NEGATIF Monkeypox serta lain-lain virus yang diuji," terang Noor Hisham.



Simak Video "WHO Sebut Kasus Cacar Monyet Mulai Menular ke Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)