ADVERTISEMENT

Kamis, 26 Mei 2022 16:29 WIB

Curhat Bille Ellish Berjuang Lawan Tourette Sejak Usia 11 Tahun, Apa Itu?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Billie Eilish arrives at the MTV Video Music Awards at Barclays Center on Sunday, Sept. 12, 2021, in New York. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP) Foto: Evan Agostini/ Invision/AP/Evan Agostini
Jakarta -

Penyanyi asal Amerika Serikat Billie Eilish, pada 2018 lalu, telah terbuka tentang kondisinya yang mengidap sindrom Tourette. Ia mengumumkan kondisinya melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya.

Dalam serial Netflix My Next Guest Needs No Introduction bersama David Letterman, musisi 20 tahun itu berbicara tentang pengalamannya dengan gangguan tic.

Pada sesi wawancara tersebut, Eilish sempat memalingkan mukanya dari Letterman saat mengajukan pertanyaan. Ia pun langsung menjelaskan dirinya tengah mengalami episode tic karena sindrom Tourette-nya.

"Jika Anda merekam saya cukup lama, Anda akan melihat banyak (episode) tics," kata Eilish dikutip dari Insider, Rabu (25/5/2022).

Sindrom Tourette ditandai dengan gerakan kecil ataupun ucapan berulang yang terjadi secara tiba-tiba atau tidak disengaja. Kondisi itu disebut dengan 'tic'.

Menurut National Institute of Neurological Disorders AS, banyak pengidap Tourette mengalami episode tic pertama semasa kanak-kanak dan menyadari gejalanya di akhir usia belasan hingga awal usia 20-an tahun.

Sementara, pelantun 'Bad Guy' itu didiagnosis dengan sindrom Tourette saat berusia 11 tahun. Episode tic pertama yang dialaminya adalah gerakan menutup mata atau membuka mulut sangat lebar.

"Respons paling umum yang diberikan orang adalah mereka tertawa karena berpikir saya sedang bercanda dan selalu berkata, "Ha!". Saya selalu merasa sangat tersinggung dengan itu," kata Eillish.



Simak Video "Virus Corona Mengisolasi China, MUI Kaji Fatwa Haram Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT