Jumat, 27 Mei 2022 05:00 WIB

Aturan Masker Dilonggarkan, Bagaimana Mencegah Hepatitis Misterius pada Anak?

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Image of Asian mother help her daughter wearing medical mask to prepare go to school. Avoiding Covid-19 or coronavirus outbreak. Mencegah hepatitis misterius pada anak (Foto: iStock)
Jakarta -

Pemerintah melonggarkan aturan penggunaan masker, tidak lagi wajib untuk aktivitas di luar ruangan dalam kondisi tidak padat orang. Sementara itu, hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya diduga menular juga melalui droplet pernapasan.

Kondisi ini memunculkan kekhawatiran terkait risiko penularan hepatitis akut misterius pada anak. Amankah jika anak-anak ikut melonggarkan pemakaian masker?

Menurut dr Jeshika Febi Kusumawati, SpA dari RS Hermina Jatinegara, kondisi saat ini masih belum bisa dibilang sudah bebas untuk melepas masker. Sebab, penyebab dari hepatitis akut misterius masih belum ditemukan, tetapi dicurigai berkaitan dengan SAR-CoV-2 dan adenovirus.

"Karena penyebarannya fetal oral, salah satunya droplet dan di udara, jadi tetap dipakailah (maskernya). Sebaiknya juga anak-anak tidak dulu ke playground atau berenang di tempat umum karena beberapa penelitian menunjukkan, adenovirus dapat bertahan di air selama beberapa jam," jelas dr Jeshika saat kepada HaiBunda.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak-anak yang sudah masuk sekolah tetap disarankan menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan membawa peralatan makan sendiri.

Pernyataan senada juga disampaikan dr Mira Dewita yang juga berpraktik di RS Hermina Jatinegara.

"Kalau di dalam kelas, dalam angkutan umum harus pakai masker. Mungkin kalau waktu bermain di lapangan dengan kondisi tidak ramai, dia mungkin bisa lepas masker karena relatif aman. Tapi kalau misalnya ingin memakai masker, ya lebih baik lagi," ucap dr Mira.

Kenapa melepas masker di luar ruangan lebih aman dibandingkan di dalam ruangan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Giat Dinkes Parepare Edukasi Siswa untuk Cegah Penularan Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)