Tips Mengatasi Kulit Kaki Kering dari Dokter, Cegah Tumit Jadi Pecah-pecah

ADVERTISEMENT

Tips Mengatasi Kulit Kaki Kering dari Dokter, Cegah Tumit Jadi Pecah-pecah

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 27 Mei 2022 15:39 WIB
kaki
(Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Sebagian orang bisa memiliki kulit kaki yang tampak pecah-pecah kadang sampai berdarah. Selain mengganggu penampilan, kulit kaki yang pecah sampai berdarah tentunya akan berdampak pada aktivitas sehari-hari karena jadi nyeri saat berjalan.

dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK, dari RS Pondok Indah - Puri Indah mengatakan kulit kaki pecah-pecah bisa terjadi bila seseorang jarang memakai alas kaki, sering berjalan di permukaan kasar, atau bahkan terlalu sering terpapar air. Kaki mungkin terpapar zat yang bisa menjadi iritan bagi kulit di air, seperti misalnya deterjen.

Kaki yang pecah-pecah sampai berdarah harus menjadi perhatian serius karena luka terbuka bisa berisiko terinfeksi.

"Jadi kalau sudah ada luka, sakit, dan gatal tentunya lebih baik konsultasi dengan dokter karena kaki itu salah satu organ utama yang menjadi penopang tubuh kita, setiap hari kita gunakan untuk berjalan bolak-balik," kata dr Kardiana Purnama Dewi pada detikcom beberapa waktu lalu.

Untuk mengatasi kaki yang kering sampai pecah-pecah maka langkah pertama adalah mencegah penyebabnya. Gunakan alas kaki yang empuk bila berjalan dan sebisa mungkin langsung keringkan kaki begitu tersiram air.

Selanjutnya gunakan pelembab pada kulit kaki yang sudah kering. dr Kardiana Purnama Dewi menyarankan produk yang mengandung urea dan gunakan di malam hari menjelang tidur.

"Gunakan malam hari dan setelah digunakan Kakak boleh tutup dengan kaos kaki supaya lebih meresap," pungkasnya.



Simak Video "Selandia Baru Beri Warning untuk Indonesia Terkait PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT