Sabtu, 28 Mei 2022 08:38 WIB

Rezky Aditya Siap Tes DNA Usai Dinyatakan Ayah Anak Wenny, Ini Prosesnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rezky Aditya Rezky Aditya siap tes DNA. (Foto: dok. detikHOT)
Jakarta -

Rezky Aditya akhirnya buka suara usai Pengadilan Tinggi Banten memutuskan dirinya menjadi ayah dari anak Wenny Ariani. Ia mengaku siap melakukan tes DNA demi menjawab keraguannya selama ini.

"Saya di sini ingin memberitahukan bahwa setelah kemenangan keputusan saya di Pengadilan Negeri, saya langsung berkomunikasi dengan pihak penggugat melalui kuasa hukum saya," beber Rezky Aditya dalam akun YouTubenya, dikutip Sabtu (28/5/2022).

"Yang menyampaikan bahwa saya bersedia untuk melakukan tes DNA. Semua ini saya lakukan semata-mata atas dasar kemanusiaan dan juga untuk memutuskan keraguan saya atas anak tersebut," jelasnya lagi.

Tes DNA seperti yang bakal dilakukan Rezky Aditya memang bisa mengungkap garis keturunan identitas seseorang. Spesifiknya, tes DNA paternity atau paternitas yang bisa menjelaskan orangtua dari seorang anak.

Dikutip dari Cleveland Clinic, tes DNA paternity mengharuskan pemeriksaan melalui tes darah atau swab bagian dalam pipi. Tes semacam ini diklaim akurasinya mencapai 99,9 persen.

Berikut cara yang dilakukan:

1. Tes darah: Calon ayah dan anak memberikan sampel darah di layanan medis. Fasilitas tersebut mengirimkan sampel ke laboratorium untuk dianalisis.

2. Cheek swabs: Petugas mengambil sampel calon ayah dan anak dalam pipi mereka untuk sel bukal (pipi). Sampel nantinya dikirim ke laboratorium untuk menganalisis hasil tes.

Sampel nantinya dikirim ke laboratorium untuk disekuensing DNA, mencari kecocokan genetik pada calon ayah dan anak. Tes ini memang bermanfaat untuk mereka yang tengah memperjuangkan hak hukum, baik terkait tunjangan anak, hak asuh anak, jaminan sosial, hingga warisan.



Simak Video "Pusat Veteriner Farma Surabaya Tengah Kembangkan Vaksin PMK "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)