Sabtu, 28 Mei 2022 10:00 WIB

Bayi 2 Tahun di Bali Diduga Hepatitis Misterius, Ini Gejala yang Dikeluhkan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Bayi dua tahun di Bali diduga mengidap hepatitis misterius. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)
Jakarta -

Bayi laki-laki berusia dua tahun asal Bali diduga terpapar hepatitis akut misterius. Hasil tes serologi keseluruhan jenis hepatitis A, B, C, D, atau E disebut negatif sehingga masuk kategori probable.

Anak yang tidak disebutkan namanya itu merupakan warga Denpasar. Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Bali IGN Sanjaya Putra menyebut sang bayi dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, sejak 15 Mei 2022 lalu.

"Kasusnya hepatitis akut yang probable ini hasilnya. Tapi pasiennya keadaan klinisnya baik," kata Sanjaya di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali, dikutip dari CNNIndonesia Sabtu (28/5/2022).

"Hepatitis A sampai E-nya negatif sehingga kita golongkan kasus hepatitis akut non-etiologinya dan kasusnya boleh disebut probable. Pasien umur dua tahun dan keadaan klinisnya baik, mungkin sehari dua hari ini kita pulangkan," katanya.

Sebelum kondisinya membaik, gejala yang dikeluhkan bayi tersebut meliputi:

  • Gangguan saluran cerna
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut dan mata kuning.

Sampel bayi tersebut sebelumnya dikirimkan ke Jakarta untuk dianalisis lebih lanjut. Sampel yang diambil yakni darah, swab tenggorokan, hingga anus. Sementara sampel kencing dan kotoran diteliti di RSUP Sanglah Denpasar.

"Masuknya (ke RS) mulai tanggal 15 Mei, kita rawat di ruangan isolasi. Kita, berikan terapi terutama anti oksidan dan hasilnya baik mudah-mudahan sehari dua hari ini pulang," ujarnya.

"Hepatitis itu proses radang yang pelan-pelan akan sembuh. Dia klinisnya baik anaknya tidak ada panas, main dan aktivitas lain bagus," katanya.



Simak Video "Epidemiolog: Hepatitis Akut Misterius Tidak Bisa Diabaikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)