Sabtu, 28 Mei 2022 11:07 WIB

Ini Rentang Waktu Kasus Cacar Monyet Paling Menular

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
cacar monyet Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images/CDC)
Jakarta -

Para ahli mengatakan pasien yang terinfeksi cacar monyet bisa menularkan penyakit hingga empat minggu, setelah gejala muncul. Hal ini diungkapkan pakar penyakit menular baru di John Hopkins University, Dr Amesh Adalja.

Pasien yang terinfeksi cacar monyet awalnya akan mengalami demam. Kemudian, muncul ruam dan lesi kulit di area wajah dan tubuh.

Virus tersebut bisa ditularkan melalui sentuhan pada area yang terkena cacar atau melalui droplet yang keluar saat batuk dan bersin. Dr Adalja mengatakan pasien cacar monyet bisa menular hingga empat minggu.

"(Ini karena) perlu beberapa minggu agar lesi kulit menghilang. Orang-orang masih bisa menularkan virus sampai lesi di kulit aktif mereka hilang," beber Dr Adalja yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/5/2022).

Hal ini juga selaras dengan pakar kesehatan global di Southampton University, Inggris, Dr Michael Head. Ia mengatakan penularan cacar monyet ini masih bisa terus terjadi selama ruam dan lepuh masih ada.

"Berdasarkan wabah monkeypox sebelumnya dan panduan dari (otoritas kesehatan Inggris) dan WHO, periode infeksi (yaitu ketika virus dapat ditularkan ke orang lain) dapat dibandingkan dengan periode waktu di mana ruam dan lepuh ada," kata Dr Michael Head.

"Ini mungkin selama dua minggu, dan mungkin lebih lama," lanjutnya.

Dr Michael Head mengungkapkan para ahli masih terus mempelajari tentang kasus dan presentasi wabah cacar monyet ini. Menurutnya, masih banyak pertanyaan dasar tentang penyakit ini yang masih harus diklarifikasi.

"Namun, jika penularan selanjutnya memang dapat terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama, identifikasi awal dari setiap kasus yang mungkin terjadi akan menjadi vital dalam upaya memutus rantai penularan dan menahan wabah," jelasnya.

Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet yang harus diperhatikan, yakni:

  • Demam
  • Kelelahan
  • Lemas
  • Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
  • Menggigil
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala

Gejala awal akan berlangsung selama 1 hingga 3 hari. Kemudian, mulai muncul ruam di wajah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya, seperti lengan atau kaki.

Ruam ini berkembang mulai dari muncul bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras dan menimbulkan borok. Umumnya, diperlukan waktu selama 2-4 minggu sampai ruam tersebut menghilang.



Simak Video "WHO Tetapkan Saat Ini Cacar Monyet Bukan Darurat Global, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)