Sabtu, 28 Mei 2022 11:56 WIB

PDSI Klaim Dapat Dukungan KKI, Diposisikan Setara IDI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Audiensi PDSI dengan Konsil Kedokteran Indonesia. PDSI mengklaim organisasi mereka setara dengan IDI. (Foto: Dok PDSI)
Jakarta -

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mengklaim organisasi mereka setara Ikatan Dokter Indonesia (IDI). PDSI menyebut sudah melakukan audiensi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada Selasa (24/5/2022).

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang kini ikut menjadi pengurus sebagai Dewan Pelindung PDSI turut hadir dalam audiensi tersebut. PDSI mengklaim Ketua KKI dr Putu Moda Arsana Sp.PD-KEMD, FINASIM menyambut baik kehadiran mereka yang memiliki visi misi mendorong inovasi anak bangsa dan bersaing secara global.

Ucapan selamat juga disampaikan dr Putu, disebut mendukung kehadiran PDSI yang disebut sah dan legal menurut Undang-Undang. Namun, tidak disebutkan UU apa yang dimaksud.

"KKI juga mengakui PDSI sebagai organisasi profesi kedokteran yang setara dengan IDI," demikian klaim dalam keterangan tertulis PDSI yang diterima detikcom Sabtu (28/5/2022).

Dalam rilis yang diterima detikcom, juga tidak dijelaskan siapa yang mengungkap pernyataan tersebut, dan makna di balik 'setara' dengan IDI. Jika mengacu pada UU Praktik Kedokteran No 29 Tahun 2004, organisasi profesi dokter satu-satunya yang diakui adalah IDI dan POGI yakni dokter gigi.

Seperti diketahui, aturan dalam UU Praktik Kedokteran itu otomatis menetapkan hanya IDI yang bisa memberikan rekomendasi izin praktik. Sementara, organisasi profesi dokter lainnya tidak memiliki wewenang tersebut.

NEXT: Sikap IDI

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bicara soal Organisasi di Luar IDI, Ketua IDI Singgung PDSI?"
[Gambas:Video 20detik]