Minggu, 29 Mei 2022 11:31 WIB

Survei Ungkap 4 Penyakit yang Rentan Menyerang Lansia

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senior Woman Suffering From Chest Pain While Sitting on Sofa at Home. Old Age, Health Problem, Vision and People Concept. Heart Attack Concept. Elderly Woman Suffering From Chest Pain Indoor Foto: Getty Images/PixelsEffect
Jakarta -

Saat memasuki usia senja, sistem kekebalan dan kinerja organ masing-masing orang akan mengalami penurunan. Kondisi tersebut membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit pada lanjut usia (lansia).

Berdasarkan hasil survei, Wakil Menteri Kesehatan (Menkes RI) dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD, PHD KEMD menyebut terdapat empat penyakit tidak menular (PTM) yang sangat berisiko pada lansia daripada kelompok umur lainnya.

'Penyakit tidak menular pada lansia meningkat secara signifikan dibandingkan kelompok umur lainnya," tuturnya pada webinar virtual, Minggu (29/5/2022).

Adapun penyakit tidak menular yang paling berisiko, seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Hipertensi

"Baik itu penyakit yang berhubungan dengan diabetes, penyakit jantung, dan penyakit hipertensi. Ini meningkat pada kelompok lansia," lanjutnya.

dr Dante juga mengungkapkan bahwa keempat penyakit tidak menular tersebut memicu angka kematian tertinggi di seluruh Indonesia. Bahkan menggeser penyakit-penyakit menular hingga pernapasan.

"Penyakit tidak menular meningkat, kematian ikut meningkat, dan kematian akibat kardiovaskular atau penyakit jantung dan pembuluh darah, keganasan, dan diabetes meningkat. Menjadi urutan pertama akibat kematian di seluruh Indonesia pada saat ini, menggeser penyakit-penyakit menular atau penyakit-penyakit pernapasan," tuturnya.



Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)