Minggu, 29 Mei 2022 12:30 WIB

Tempat Sauna Diduga Jadi Sumber Awal Penyebaran Cacar Monyet di Kanada

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Ilustrasi virus cacar monyet Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Dua kasus cacar monyet yang terjadi di Kanada, disebutkan terjadi di wilayah Quebec pada Kamis (19/5/22) melalui pejabat daerah setempat.

Dikutip dari Global News, Dr Robert Pilarski yang merupakan seorang dokter umum wilayah Montreal mengungkapkan bahwa salah satu pasien yang tengah ia tangani mengaku mengunjungi sauna GI Joe beberapa waktu sebelum terinfeksi virus cacar monyet.

Tak hanya Dr Robert, dokter lain yang tidak mau disebutkan namanya juga mengatakan bahwa sauna GI Joe Montreal merupakan awal mula dari wabah virus cacar monyet menjangkit di Kanada. Namun, pemerintah setempat tidak mengungkapkan asal dari virus ini karena menyangkut privasi dan stigmatisasi.

"Seperti halnya dengan Covid-19, kami tidak mengonfirmasi wabah publik karena masalah privasi dan identifikasi," kata Jean Nicholas Aubé, juru bicara kesehatan masyarakat Montreal.

Namun, hingga saat ini sauna GI Joe tidak mengungkapkan klarifikasi apapun terkait dugaan bahwa sauna GI Joe merupakan sumber dari penyebaran kasus cacar monyet di Kanada.

Kasus cacar monyet yang menyebar di negara Inggris dan sebagian Eropa membuat para peneliti berusaha kerasa mengungkapkan bagaimana caranya virus ini dapat menyebar di negara yang biasanya jarang terjadi.

Cacar monyet merupakan penyakit menular zoonosis yang langka. Penyakit ini biasanya ditemukan di beberapa bagian Afrika, dan telah menjadi endemi.

Hingga Kamis (26/5/22) telah terkonfirmasi 25 kasus penyakit cacat monyet di provinsi Quebec, 20 hingga 30 kasus lainnya sedang dalam penyelidikan.

Mayoritas orang yang terkonfirmasi terkena kasus cacar monyet merupakan pria dengan rentang umur 20-30 tahun yang telah melakukan hubungan seksual dengan pria lain. Terdapat satu kasus yang menginfeksi pada seseorang dibawah usia 18 tahun.

Cacar monyet merupakan bukan bagian dari penyakit menular seksual. Virus dapat menyebar melalui kontak erat yang berkepanjangan, ditambah virus tersebut dapat hidup dipermukaan seperti tempat tidur.

"Sepanjang yang kita ketahui, bukan aktivitas seksualnya, tapi sentuhan antara kulit dengan kulit yang dapat menyebabkan penularan virus ini," kata Dr Michael Libman, pakar penyakit tropis dan profesor kedokteran dan penyakit menular di McGill University.

Stigmatisasi dan transparansi

Pemerintah melalui kesehatan masyarakat Montreal sudah menghubungi dokter seminggu sebelum kasus pertama terkonfirmasi, terkait kewaspadaan penyebaran virus yang muncul di Eropa pada awal bulan ini.

Perlu diketahui bahwa tanggal 19 Mei 2022, sauna GI Joe menjadi tuan rumah pesta seks, hari itu juga menjadi hari dimana kasus cacar monyet pertama terkonfirmasi.

Namun, pada konferensi pers yang diadakan pada hari Kamis, pihak pemerintah tidak menyebutkan lokasi dikarenakan akan membangun stigmatisasi masyarakat yang tidak diinginkan.

"Musuhnya adalah virusnya, bukan orangnya," tutur Dr Luc Boileau, pejabat kesehatan masyarakat Quebec.

Namun, para ahli berpendapat bahwa harus ada transparansi antara pihak pemerintah dan masyarakat. Mereka menilai bahwa menghilangkan informasi kesehatan yang penting bagi masyarakat dapat membuat sebuah masalah.

Hal tersebut juga disampaikan oleh David Brennan, ketua penelitian pria gay dan biseksual di Ontario HIV Treatment Nerwork (OHTN), ia percaya bahwa tidak mengungkapkan informasi kepada masyarakat dapat menimbulkan dampak negatif.



Simak Video "WHO: Wabah Cacar Monyet Masih Dapat Dibendung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)