Minggu, 29 Mei 2022 16:04 WIB

Aplikasi Kencan Ingatkan Kelompok LGBT Waspadai Penularan Cacar Monyet

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
BERLIN, GERMANY - SEPTEMBER 19:  A shopper ltries out the new Apple iPhone 6 at the Apple Store on the first day of sales of the new phone in Germany on September 19, 2014 in Berlin, Germany. Hundreds of people had waited in a line that went around the block through the night in order to be among the first people to buy the new smartphone, which comes in two versions: the Apple iPhone 6 and the somewhat larger Apple iPhone 6 Plus.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images) Ilustrasi aplikasi (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Grindr, sebuah aplikasi kencan, mengirimkan peringatan cacar monyet, mendesak pria gay dan biseksual untuk mewaspadai wabah virus tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, aplikasi tersebut mengeluarkan peringatan kepada penggunanya di seluruh Eropa, menyarankan mereka untuk menghubungi layanan kesehatan seksual jika mereka atau pasangan memiliki luka atau ruam yang tidak biasa.

"Virus cacar monyet menyebar di Eropa, terutama di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Jika Anda atau pasangan baru-baru ini (21 hari terakhir) mengalami luka atau ruam yang tidak biasa, hubungi penyedia kesehatan seksual Anda atau penyedia kesehatan setempat," tulis pesan Grindr.

Cacar monyet yang biasanya hanya terdeteksi di Afrika barat dan tengah, kini telah menyebar di 20 negara dalam waktu kurang dari dua minggu.

Para ilmuwan percaya wabah ini kemungkinan dipicu oleh pesta seks di Belgia dan Spanyol.

Pesan dari Grindr, yang telah bermitra dengan lembaga kesehatan di Inggris dan Uni Eropa, menyisipkan link yang mengacu ke halaman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa soal pencegahan monkeypox.

Mereka juga membagikan tautan ke halaman web yang memungkinkan pengguna menemukan penyedia layanan kesehatan terdekat.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)