ADVERTISEMENT

Senin, 30 Mei 2022 16:55 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk di KRL, Begini Tips Kontrol Emosi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
PT Kereta Commuter Indonesia bersiap menerapkan rute baru KRL untuk lintas Bogor dan lintas Cikarang. Rute baru itu mulai berlaku pada 28 Mei 2022 mendatang. Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN
Jakarta -

Viral di media sosial video seorang wanita paruh baya mengamuk di KRL.

Belum diketahui secara pasti pemicu insiden tersebut. Namun dalam video yang dibagikan di media sosial Twitter itu, ibu-ibu yang mengamuk sempat menyebut soal kursi prioritas yang harusnya ia duduki namun ditempati oleh penumpang lain.

"Saya ini orang tua," teriaknya.

Ada banyak hal di keseharian yang bisa membuat seseorang emosi. Kemarahan sebenarnya adalah emosi yang sangat umum dan bahkan sehat. Namun emosi dan amarah yang tidak terkendali dapat merusak kesehatan mental dan memberikan dampak buruk pada orang sekitar.

Kemarahan dapat disebabkan oleh peristiwa eksternal dan internal. Anda bisa marah pada orang lain (seperti rekan kerja atau supervisor) atau pada kemacetan lalu lintas, sampai marah karena kekhawatiran atau pemikiran tentang masalah pribadi.

Maka dari itu, perlu untuk menjaga emosi tetap terkontrol. Psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Psikolog Pro Help Center mengatakan ada 4 tips yang bisa dilakukan jika emosi terasa tidak terkendali.

1. Atur Pernapasan

Saat sedang marah atau emosi, ada baiknya Anda diam sejenak dan mengatur pernapasan. Caranya mudah, cukup dengan menarik napas secara perlahan dan tahan selama tiga detik.

Setelah itu hembuskan perlahan. Lakukan berulang sampai perasaan lebih tenang.

2. Ubah Posisi

"Berpindah posisi, jika sedang berdiri, cobalah untuk duduk. Motion berpengaruh pada emotion," jelas Rahma.

3. Menjauh dari Sumber Emosi

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah menghindari sementara situasi atau orang yang membuat Anda emosi. Ini adalah langkah yang cukup tepat agar diri bisa lebih tenang.

Simak Video 'Respons KCI soal Penumpang KRL Keluhkan Pemberlakuan Rute Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT