Rabu, 25 Mei 2022 08:32 WIB

Curhat Wanita Ingin Operasi Payudaranya yang Besar, Ditolak karena Alasan Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi kanker payudara Ilustrasi payudara. (Foto: iStock)
Jakarta -

Anji Chalk, 22, khawatir dia akan 'cacat permanen' karena beban dadanya yang berat, yang setidaknya berukuran K cup. Memiliki ukuran payudara yang besar membuat gadis ini mengalami ruam keringat yang menyakitkan dan dadanya dipenuhi memar.

Gadis dari North Wales, Inggris, ini mengatakan telah putus asa untuk mendapatkan operasi payudara. Namun dokter di National Health Service (NHS) tidak menyarankannya sebelum berat badannya turun.

"Masalahnya masing-masing payudaraku beratnya sekitar satu stone (sekitar 6 kg)," katanya dikutip dari The Sun.

Ia menyebut dokter berpikir bahwa jika berat badannya turun, maka payudaranya akan ikut mengecil. Anji telah mengunjungi banyak dokter namun kebanyakan menyarankan hal yang sama.

"Dokter telah mengawasi saya selama bertahun-tahun mencoba menurunkan berat badan dan saya pasti berpikir mengapa saya tidak bisa adalah karena saya tidak bisa melakukan olahraga (karena payudara besar)," imbuhnya.

Ukuran payudaranya yang besar membuatnya sering melorot sehingga ia sulit beraktivitas. Ia juga hanya keluar jika terpaksa dan seringnya, payudaranya yang besar ini menghalangi karirnya.

"Saya sudah melakukan begitu banyak diet, saya sudah pergi ke dokter, mereka menyuruh saya pergi ke ahli gizi tetapi tidak ada yang berhasil," kata Anji.

Anji mengatakan dokter telah menyimpulkan dia menderita gigantomastia, yang merupakan pertumbuhan eksponensial dari jaringan payudara yang berlebihan yang biasanya disebabkan oleh lonjakan hormon.

Pengurangan payudara biasanya hanya ditawarkan di NHS untuk meningkatkan kesehatan, dan bukan untuk alasan kosmetik. Ketersediaan operasi pengurangan payudara di NHS bervariasi, tergantung pada kriteria kelayakan yang diputuskan oleh masing-masing kelompok komisioning klinis lokal (CCG).

Seseorang dapat dipertimbangkan untuk operasi pengecilan payudara jika menyebabkan:

  • Sakit punggung
  • Nyeri di leher dan bahu
  • Iritasi kulit
  • Ruam di bawah lekukan payudara
  • Tekanan psikologis, seperti harga diri rendah atau depresi
  • Ketidakmampuan untuk berolahraga



Simak Video " Awal Mula Marshanda Idap Tumor Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)