Bahaya Minum Air yang Dibiarkan Semalaman

ADVERTISEMENT

Bahaya Minum Air yang Dibiarkan Semalaman

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Selasa, 31 Mei 2022 06:00 WIB
Young asian with high fever coughing and taking a medicine in the bed.
Amankah minum air yang didiamkan semalaman? (Foto: Getty Images/staticnak1983)
Jakarta -

Kita semua mungkin pernah meminum air yang tersisa di meja samping tempat tidur. Bahkan, mungkin ada yang meminum air yang telah didiamkan lebih lama lagi.

Amankah ketika kita minum air yang tersebut? Dikutip dari Times of India bahwa terdapat beberapa catatan ketika kita memutuskan untuk minum air yang telah didiamkan semalaman atau lebih.

Rasa air

Jika Anda pernah minum air yang telah didiamkan semalaman dan merasa rasa airnya berbeda, itu disebabkan oleh karbon dioksida.

Ketika Anda menaruh air dalam gelas terbuka selama sekitar 12 jam, maka karbon dioksida dalam ruangan tersebut akan bercampur dengan air. Hal itulah yang akan mengurangi kadar pH air dan membuat rasanya tidak enak.

Air tersebut lebih baik tidak dikonsumsi, apalagi ketika kedapatan binatang masuk ke dalamnya, sepeti nyamuk atau lalat.

Air yang dibiarkan di wadah terbuka

Anda harus menghindari minum air dari wadah yang terbuka dalam waktu yang lama. Hal itu dikarenakan air yang dibiarkan dalam wadah terbuka akan menjadi rumah bagi banyak bakteri dan itu tidak aman untuk diminum.

Anda pun tidak tahu selama semalaman atau bahkan lebih, berapa banyak debu, serpihan, dan partikel mikroskopis lainnya yang masuk ke dalam air tersebut.

NEXT: Tips minum air yang sudah didiamkan semalaman.



Simak Video "Aktivis Lingkungan Kritisi Penggunaan Galon Sekali Pakai"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT