Waspadai Gejala Gagal Jantung, Jangan Diabaikan!

ADVERTISEMENT

Waspadai Gejala Gagal Jantung, Jangan Diabaikan!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 31 Mei 2022 13:15 WIB
Sakit Jantung
Ilustrasi sakit gagal jantung (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Gagal jantung merupakan kondisi saat otot jantung melemah. Akibatnya, organ jantung tak mampu lagi memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan tekanan yang seharusnya. Kondisi seperti ini tentunya tak boleh disepelekan dan harus mendapatkan penanganan medis.

Pasalnya, apabila telat untuk diobati sejak dini, pengidap gagal jantung bisa saja masuk ke fase yang lebih berat dan sulit diobati. Begitu juga memiliki angka keberhasilan rendah untuk sembuh.

"Kondisi seperti sebenarnya sudah late, dalam arti pengobatannya lebih susah, lebih lama, dan angka keberhasilan untuk recover akan semakin rendah," tutur dr Siti Elkana Nauli, SpJP(K), FIHA, dokter spesialis kardiologi RSUD Tangerang dan Ketua Kelompok Kerja Gagal Jantung, sekaligus Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), pada saat webinar virtual, Selasa (31/5/2022).

Berbicara tentang gagal jantung, seperti apa gejalanya?

dr Siti menyebut gejala gagal jantung yang sudah tergolong berat dapat berupa kaki bengkak, cepat lelah, sesak napas, hingga perut yang membesar akibat cairan yang menumpuk.

"Berikutnya yang lebih berat, ini yang banyak kita temukan di lapangan. Jadi, pasien itu memang menganggap rasa cepat capek atau susah untuk bernapas sebagian besar disebabkan karena mungkin udara, polusi, mungkin juga karena kelainan saluran napas yang biasa. Tetapi jangan lupa karena mereka tidak berobat lama kelamaan keluhan tersebut akan semakin berat. Justru yang kita temukan di rumah sakit itu sudah susah bernapas," sambungnya.

"Kemudian juga gejala lain yang lebih banyak kita temukan adalah kakinya bengkak, perutnya membesar dengan berat badan yang cepat penambahannya dibandingkan kondisi dia sebelumnya padahal makan biasa, tidak terdapat penumpukan lemak, jadi hanya penumpukan cairan," kata dr Siti.

Itu sebabnya ia mengimbau agar masyarakat melakukan skrining kesehatan minimal satu tahun sekali untuk mencegah penyakit seperti gagal jantung.



Simak Video "Tanda-tanda Gagal Jantung yang Harus Kamu Tahu! "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT