ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jun 2022 15:01 WIB

Geger Umur Putin Dikabarkan Tersisa 3 Tahun, Rusia Angkat Bicara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Infografis daftar negara sasaran balas dendam Putin Vladimir Putin. (Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Jakarta -

Geger kabar Presiden Rusia Vladimir Putin mengidap sakit keras yang membuat umurnya tersisa tiga tahun lagi. Kabar mengenai kondisi kesehatannya yang memburuk belakangan menjadi perbincangan banyak pihak.

Pihak Rusia membantah desas-desus bahwa Putin menderita penyakit yang membuat kondisi tubuhnya melemah, dengan salah satu penasihat utamanya menyatakan secara terbuka bahwa kesehatannya tidak buruk.

"Presiden Vladimir Putin muncul di depan umum setiap hari. Anda dapat melihatnya di layar, membaca pidatonya, (dan) mendengarkan pidatonya," kata Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dalam wawancara dengan saluran televisi Prancis TF1 dikutip dari US News.

"Saya tidak berpikir orang waras dapat melihat adanya gejala penyakit apa pun pada pria ini," bebernya.

Lavrov, telah menjadi yang terbaru dalam barisan panjang pejabat Kremlin untuk menanggapi desas-desus yang tidak berdasar, tetapi terus-menerus datang, mengenai kondisi kesehatan pria berusia 69 tahun itu.

Rekaman yang beredar luas di media sosial dan online dalam beberapa pekan terakhir tampaknya menunjukkan Putin menunjukkan tanda-tanda beberapa bentuk kondisi neurologis atau fisiologis. Salah satu video yang diambil pada April lalu menunjukkan dia gemetar tak terkendali dan tampak mencengkeram meja untuk mendapatkan bantuan.

Video lainnya tampak menunjukkan tangan kanannya gemetar sebelum dia meraihnya dengan tangan kirinya beberapa saat sebelum memeluk Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Sebelumnya juga diberitakan beberapa pengamat menyebut ia kemungkinan dia bisa menderita kanker darah. Putin juga dipercaya secara luas menggunakan steroid.

Seorang oligarki Rusia yang memiliki hubungan dekat dengan Kremlin mengatakan bahwa Putin "sangat sakit dengan kanker darah". Ia mengatakan pria itu menjalani operasi sebelum menyerang Ukraina.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT