ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 19:02 WIB

Round Up

Benarkah Ada Pasien di DKI yang Idap Penyakit Misterius? Ini Kata Kemenkes

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Foto: iStock
Jakarta -

Sebuah kasus 'penyakit misterius' dilaporkan dari RT 08 RT 10 RW 02 Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Seorang warga disebut kena penyakit yang berasal dari tikus. Namun, hingga kini belum diketahui penyebab pastinya.

Keluhan yang dirasakan oleh pasien tersebut berupa demam hingga mengalami bercak merah di badan.

"Umumnya badannya panas, terus besoknya keluar bercak merah di badan dia, kalau orang dulu tuh bilangnya campak, badannya juga pada ngilu-ngilu," ujar M. Sofyan selaku ketua RT 08 pada wartawan, Selasa (31/5/22).

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan menyebutkan bahwa pasien yang total sudah berjumlah 8 orang dilarikan ke RS guna penelusuran lebih lanjut.

Tanggapan Kemenkes

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (P2P Kemenkes RI), Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, membenarkan bahwa terdapat pasien yang diduga terkena virus berasal dari tikus.

Leptospirosis atau infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. menjadi dugaan awal karena penyakit tersebut salah satu penularannya adalah melalui tikus.

Penyakit ini merupakan penyakit yang biasanya menjangkiti manusia melalui bakteri yang hidup di lingkungan air, tanah becek, atau lumpur.

Dugaan tim epidemiologis setelah melakukan penelusuran justru mengarah pada demam berdarah dengue karena gejala klinis yang timbul pada pasien tersebut.

"Masih dugaan sementara, sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh tim epidemiologis Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Dilihat dari gejalanya itu mengarah ke chikungunya atau DBD, bukan leptospirosis," kata Maxi ketika dihubungi oleh detikcom beberapa waktu lalu.

Hasil dari penyelidikan tersebut akan diberitahu dalam waktu dekat, meskipun tidak dirinci kapan hasil penelitian keluar.



Simak Video "Dinkes DKI Jakarta Targetkan 715 Ribu Anak Diimunisasi Campak dan Rubella"
[Gambas:Video 20detik]
(Afif Ahmad Rifai/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT