Heboh Mahasiswi Keperawatan 'Ngonten' Soal Kateter, PPNI Angkat Bicara

ADVERTISEMENT

Round Up

Heboh Mahasiswi Keperawatan 'Ngonten' Soal Kateter, PPNI Angkat Bicara

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 02 Jun 2022 18:19 WIB
Perempuan berhijab yang memamerkan payudaranya di TikTok akhirnya meminta maaf. Ia mengaku alasan perbuatannya hanya untuk menaikkan follower.
Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

Video berisi wanita berseragam perawat di sebuah ruangan rumah sakit bikin geger media sosial. Aksi wanita dalam video tersebut dinilai warganet sebagai aksi pelecehan seksual.

"Ketika aku harus memasang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," demikian tulisan yang tertera dalam potongan video viral, diunggah akun Twitter @AREAJULID, Rabu (1/6/2022).

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) angkat bicara. Wanita tersebut diketahui bukan seorang perawat melainkan mahasiswi yang sedang menjalani praktik lapangan. Meski begitu, PPNI menegaskan pihaknya sudah menelusuri lebih lanjut kasus video tersebut. Insiden tersebut menjadi pelajaran bagi PPNI untuk terus memberikan pemahaman terkait kode etik bermedia sosial.

"Setelah kami telusuri yang bersangkutan belum menjadi perawat tetapi mahasiswa perawat, ini menjadi tanggung jawab institusi," kata Harif pada detikcom, Selasa (2/6/2022).

"Namun, organisasi profesi mendapat masukan yang baik untuk proses pembelajaran etika, termasuk dalam bermedia sosial sebagai bekal jika telah lulus jadi perawat," sambungnya.

Menurut Harif, wanita dalam video tersebut sudah diberikan sanksi oleh pihak kampus yakni Unisa Yogyakarta. Hal serupa disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Unisa Yogyakarta Sinta Maharani.

"Terkait kasus tersebut kami sudah koordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar itu mahasiswa Unisa Yogya. Mahasiswa profesi nurse," ujarnya pada detikJateng, Rabu (1/6).

"(Kami) memperingatkan/menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat. Menarik mahasiswa dari tempat praktik kliniknya," bebernya.

Lantas, seperti apa pernyataan dari pihak rumah sakit dalam video tersebut? Tegaskan wanita dalam video bukan pegawai, simak di halaman selanjutnya.

NEXT: Pihak RS minta maaf.



Simak Video "Viral Mahasiswi Unggah Konten Kateter, Pihak Kampus dan RS Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT