ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 21:45 WIB

5 Obat Sakit Tenggorokan Herbal, Atasi Radang dengan Cepat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi wanita sakit tenggorokan Obat sakit tenggorokan. Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta -

Ada sejumlah obat sakit tenggorokan herbal yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan. Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti sulit berbicara, menelan, hingga tenggorokan terasa gatal.

Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena respon imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respon imun ini yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Selain menggunakan obat-obat medis, sakit tenggorokan juga bisa diobati dengan obat sakit tenggorokan herbal. Bahkan, obat sakit tenggorokan herbal tersebut telah didukung oleh sejumlah bukti ilmiah, sehingga khasiatnya sudah teruji secara klinis.

Obat Sakit Tenggorokan Herbal

Dikutip dari Medical News Today, Kamis (2/6/2022), berikut beberapa obat sakit tenggorokan herbal yang bisa dicoba di rumah.

1. Cuka apel

Cuka apel diklaim sebagai obat sakit tenggorokan herbal. Bahan cuka apel telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan obat tradisional selama berabad-abad. Adapun bahan aktif asetat di dalam cuka apel berguna membantu melawan bakteri.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, pengidap bisa membuat ramuan satu gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan (sdm) cuka sari apel dan madu.

Akan tetapi, perlu juga diwaspadai lantaran efek samping dari cuka apel dapat merusak gigi hingga masalah pencernaan.

2. Berkumur air garam

Obat sakit tenggorokan yang bisa dicoba berikutnya adalah berkumur dengan air garam. Obat ini sangat terkenal untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

Pasalnya, garam membantu mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Ini juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Caranya pun mudah, tinggal campurkan satu cangkir air hangat dengan satu sendok teh garam. Jangan lupa diaduk, dan berkumur selama 30 detik sekali per jam.

3. Madu

Selain rasanya yang manis dan enak, madu juga bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan herbal. Bahan ini memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang membantu melawan infeksi dan meredakan nyeri.

Madu mungkin sangat efektif ketika seseorang menggabungkannya dengan air hangat dan cuka sari apel atau rempah-rempah. Beberapa orang memilih untuk menggunakan madu mentah atau madu manuka.

Namun, perlu diwaspadai bahwa madu tak bisa dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia satu tahun. Usus mereka belum memperoleh bakteri sehat yang dapat melawan beberapa kuman, seperti spora botulisme, yang terkadang terdapat pada madu.

4. Air lemon

Air lemon yang menyegarkan ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan akibat flu atau pilek. Hal ini karena lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya yang bisa melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

Bahkan obat sakit tenggorokan yang satu ini juga bisa meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi, sehingga membantu menjaga kelembapan selaput lendir.

5. Minuman jahe

Jahe adalah rempah-rempah dengan efek antibakteri dan antiinflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan.

Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Begitu juga obat sakit tenggorokan ini dapat mengurangi peradangan pada penderita TBC (tuberkulosis), yang merupakan penyakit paru-paru.

Demi mengurangi efek samping yang tak sehat di dalam tubuh akibat mengkonsumsi obat medis, lebih baik mencoba obat sakit tenggorokan herbal atau alami yang sudah terbukti khasiatnya. Namun, penggunaannya harus rutin ya guys!



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT