ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 17:38 WIB

Temuan CDC soal Cacar Monyet di AS, Ada Gejala Ruam di Alat Kelamin dan Anus

Vidya Pinandhita - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan, Amerika Serikat telah mengidentifikasi 20 kasus cacar monyet. Meski risiko dari penyakit ini diyakini rendah, CDC meyakini adanya penularan di komunitas sehingga pengawasan terhadap penyebaran cacar monyet wajib terus ditingkatkan.

"Mungkin ada penularan di tingkat komunitas yang sedang terjadi, dan itulah mengapa kami ingin benar-benar meningkatkan upaya pengawasan kami," tegas pejabat CDC Dr Jennifer McQuiston, dikutip dari CNBC, Sabtu (4/6/2022).

"Kami ingin benar-benar mendorong para dokter bahwa jika mereka melihat ruam dan mereka curiga penyakit itu mungkin cacar monyet, untuk segera melanjutkan dan mengujinya," sambungnya.

McQuiston memaparkan, hingga kini, pria gay dan biseksual diyakini memiliki risiko lebih tinggi terhadap paparan cacar monyet. Dari 17 pasien yang sudah memberikan informasi demografis terperinci kepada CDC, 16 di antaranya mengidentifikasi diri sebagai pria yang berhubungan seks dengan pria.

Meski otoritas kesehatan masyarakat berupaya meningkatkan pengawasan di komunitas LGBTQ, CDC menegaskan risiko penularan cacar monyet terlepas dari orientasi seksual. Artinya, siapa pun dapat tertular cacar monyet melalui kontak fisik yang dekat.

"Prioritas kami adalah membantu setiap orang membuat keputusan yang tepat untuk melindungi kesehatan mereka, serta kesehatan komunitas yang mengacu pada sains," beber McQuiston.

Di samping itu, McQuiston menambahkan semua pasien cacar monyet kini dalam pemulihan atau sudah pulih.

Lantas, gejala apa yang paling banyak ditemukan pada pasien cacar monyet menurut CDC? Salah satunya tak lain ruam di sekitar alat kelamin dan anus, simak lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "3 Fase yang Dialami Pasien Terinfeksi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT