ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 05:25 WIB

Cacar Monyet Meroket Jadi 780 Kasus, Sebagian Besar Kasus Dikaitkan Seks

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
3D illustration. Genetic test in test tube. Kasus cacar monyet melonjak (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya 780 kasus cacar monyet terkonfirmasi di dunia per Minggu (5/6/2022). Jumlah tersebut dilaporkan di luar negara endemik seperti Afrika Barat dan Tengah.

Menurutnya, tingkat risiko kesehatan global terkait cacar monyet masih dalam kategori sedang. WHO menilai sangat mungkin jumlah kasus lebih tinggi dari yang dilaporkan lantaran adanya keterbatasan tes di laboratorium.

"Sangat mungkin negara lain akan mengidentifikasi kasus dan akan ada penyebaran virus lebih lanjut," tambah badan kesehatan tersebut, dikutip dari Channel News Asia.

Dari total kasus cacar monyet, beberapa ada yang menjalani rawat inap tetapi sebagian besar hanya diisolasi untuk melihat perkembangan gejala. Rincian kasus cacar monyet di luar negara endemik adalah seperti berikut:

  • Inggris: 207 kasus
  • Spanyol: 156 kasus
  • Portugal: 138 kasus
  • Kanada: 58 kasus
  • Jerman: 57 kasus



Selain Eropa dan Amerika Utara, negara Argentina, Australia, Maroko, dan Uni Emirat Arab ikut mencatat wabah cacar monyet, tetapi masing-masing baru mencatat satu kasus. Satu kasus cacar monyet di negara non-endemik dianggap sebagai wabah.

"Beberapa negara melaporkan bahwa generasi baru kasus tidak lagi muncul hanya di antara kontak yang diketahui dari kasus yang dikonfirmasi sebelumnya, menunjukkan bahwa rantai penularan terlewatkan melalui sirkulasi virus yang tidak terdeteksi," kata WHO.

"Meskipun risiko saat ini terhadap kesehatan manusia dan masyarakat umum tetap rendah, risiko kesehatan masyarakat dapat menjadi tinggi jika virus ini memanfaatkan peluang untuk menempatkan dirinya di negara-negara non-endemik sebagai patogen manusia yang tersebar luas," jelas WHO.

NEXT: Banyak kasus dikaitkan dengan seks.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Spanyol Laporkan Penurunan Kasus Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT