ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 11:49 WIB

Cara Mengatasi Gerd Kambuh Secara Alami, Bye-bye Obat!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Cara mengobati GERD kambuh secara alami. Ilustrasi perut sakit akibat GERD (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta -

Selain menggunakan obat, ada sejumlah cara mengatasi GERD kambuh secara alami. GERD atau disebut gastroesophageal reflux disease merupakan suatu kondisi asam lambung yang keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan iritasi.

Apabila kondisi ini tak segera ditangani lebih lanjut, pengidap bisa saja mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang cukup serius, seperti heartburn (rasa terbakar di dada), sulit menelan, mulut pahit, gigi bolong, batuk, hingga kadang sakit telinga.

"Kalau asam lambung naik ke atas (kerongkongan) atau esofagus itu akan menyebabkan gangguan iritasi karena dinding dari esofagus atau kerongkongan itu tidak didesain untuk menahan asam," kata dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, (28/3/2022).

"Jadi rasa dada terbakar, rasa sulit menelan, beberapa kasus mulut pahit kalau bangun (di pagi hari), gigi kadang-kadang bolong, kadang-kadang batuk yang tidak jelas sumbernya kalau di malam hari, atau kadang sampai sakit telinga. Itu ada kemungkinan adalah GERD," ucapnya.

Cara mengatasi GERD kambuh secara alami

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dokter spesialis gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI RSCM), pada Kamis (10/2/2022), menuturkan sejumlah cara mengatasi GERD kambuh secara alami. Berikut di antaranya.

1. Tetap tenang

Salah satu cara mengatasi GERD kambuh secara alami adalah pastikan diri sendiri tetap tenang. Pasalnya, tetap tenang memungkinkan pengidap tidak berisiko jatuh atau mengalami kecelakaan lain saat menahan perasaan sakit dan tidak nyaman. Pengidap juga bisa duduk atau memilih posisi lain yang memudahkannya tetap rileks dan tenang, diikuti dengan menarik napas.

2. Minum air hangat

Cobalah untuk mengkonsumsi air yang tidak bersuhu terlalu panas atau dingin sebagai cara mengatasi GERD kambuh secara alami. Air bersuhu hangat bisa membantu menimbulkan rasa nyaman di perut saat GERD kambuh.

3. Minum air gula

Air gula juga bermanfaat sebagai cara mengatasi GERD kambuh secara alami. Sebab, air gula dapat membantu dalam mengatasi kondisi naiknya asam lambung tersebut ke kerongkongan.

Cukup meminum larutan air gula jawa atau air gula aren yang memiliki kandungan riboflavin.

4. Konsumsi obat antasida

Menurut dr Ari, obat antasida yang dijual bebas seperti di warung, bisa dikonsumsi saat asam lambung atau GERD sedang kambuh. Obat ini bersifat menetralkan asam yang bisa mengurangi gejala gangguan tersebut.

5. Pilih makanan yang lembut dengan rasa netral

Cara mengatasi GERD kambuh secara alami berikutnya, yaitu mengkonsumsi makanan dengan rasa yang netral. Artinya, makanan yang tidak terlalu asam, asin, atau pedas dengan tekstur yang lembut.

Rasa yang cenderung netral dapat menurunkan risiko peningkatan produksi asam lambung. Sebelum makan sebaiknya konsumsi obat anti sekresi yang menghambat produksi asam lambung.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT