ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 14:00 WIB

Ruben Onsu Alami Tekanan Darah Rendah, Kenali Pemicunya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Sarwendah dan Ruben Onsu saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Ruben Onsu mengaku sempat dirawat di ICU akibat tekanan darahnya rendah pada Jumat (27/5/2022) lalu. Kondisi kesehatannya diungkapkan melalui kanal YouTube The Onsu.

Sang istri, Sarwendah, mengatakan bahwa Ruben Onsu memang rutin melakukan cek darah setiap 3 bulan sekali. Akan tetapi, pada saat itu tekanan darahnya rendah dan harus mendapat perawatan di ICU.

"Jadi Ayah (Ruben Onsu) masuk rumah sakit. Biasanya, kan, aku cek darah rutin 3 bulan sekali, ternyata darahnya Ayah rendah jadi masuk rumah sakit," ungkap Sarwendah dikutip dari detikHot, Senin (6/6/2022).

Tekanan darah dapat diukur melalui dua cara yakni sistolik (tekanan yang dibaca di atas saat jantung berkontraksi) dan diastolik (tekanan yang dibawa di bawah saat otot jantung berelaksasi).

Tekanan darah yang normal seharusnya memiliki nilai 120/80. Seseorang bisa dikatakan mengalami tekanan darah jika memiliki nilai 90/60 atau kurang dari itu.

Pemicu tekanan darah rendah

Dikutip dari Mayoclinic, berikut beberapa penyebab tekanan darah menjadi rendah:

Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di tubuh berkurang dan tidak diganti oleh cairan lain. Gejala yang muncul adalah mulut kering, tekanan darah rendah, denyut jantung cepat serta volume urine yang berkurang.

Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah, karenanya salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air.

Makan

Jika setelah makan muncul gejala seperti pusing dan lemas maka dikenal dengan kondisi hipotensi postprandial (tekanan darah rendah setelah makan). Proses pencernaan membutuhkan banyak aliran darah yang membuat jantung harus memompa lebih efisien lagi.

Kondisi ini yang meningkatkan risiko hipotensi postprandial, termasuk mengonsumsi obat tekanan darah tinggi sebelum makan. Untuk mengatasinya kurangi dosis obat tekanan darah tinggi sebelum makan serta mengonsumsi makanan kecil yang rendah karbohidrat.

Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang berpotensi mengancam nyawa. Gejala dari anafilaksis bisa melibatkan sistem pernapasan (kesulitan bernapas), saluran pencernaan (mual dan muntah) serta sistem kardiovaskular dengan nadi cepat dan tekanan darah rendah.

Bangun berdiri dengan terburu-buru

Tekanan darah rendah bisa terjadi saat seseorang harus bangun atau berdiri dengan terburu-buru atau disebut dengan hipotensi artostatik. Kondisi ini terjadi karena gaya gravitasi menyebabkan darah berkumpul di kaki, akibatnya hanya sedikit sirkulasi darah yang kembali ke jantung sehingga memicu terjadinya tekanan darah rendah.



Simak Video "Ruben Onsu Idap Empty Sella Syndrome, Kenali Gejala dan Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT